Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Keliru Mengompres Anak Demam

Kompas.com - 02/07/2012, 13:32 WIB

KOMPAS.com - Saat anak demam, atau bahkan ketika orang dewasa mengalami demam, tindakan awal yang dilakukan adalah mengompres di dahi, kebanyakan dengan washlap yang direndam di dalam air dingin. Jika Anda melakukan cara ini pada anak juga pada diri sendiri, Anda harus mengubah kebiasaan keliru ini.

Dokter spesialis anak di Rumah Sakit Ibu dan Anak Hermina, dr Herbowo Soetomenggolo, SpA, menjelaskan, untuk mengatasi demam sebaiknya lakukan kompres dengan air hangat. Caranya, rendam washlap dalam air hangat lalu gunakan untuk mengompres pada area leher, bukan dahi. Cara lain, gunakan washlap yang direndam di air hangat untuk membasuh seluruh badan, bukan hanya bagian tertentu saja.

"Di badan kita ada reseptor yang memberi tahu otak bahwa badan sedang demam atau tidak. Kalau kompres dingin yang diberikan, hanya suhu kulit dingin. Otak berpikir tubuhnya dingin sehingga otak tidak memerintahkan melepaskan zat-zat yang bisa menurunkan demam," jelasnya saat bincang-bincang dalam peluncuran microsite Lifebuoy Berita Sehat di fCone, fX Sudirman, Jakarta, Senin (2/6/2012).

Mengapa area leher yang harus dikompres? Karena di area inilah terdapat pembuluh darah terbanyak, selain daerah lipatan seperti ketiak. Saat demam, area tubuh yang terdapat pembuluh darah inilah yang semestinya dikompres, bukan dahi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com