Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Alergi Rentan Sakit Akibat Cuaca

Kompas.com - 02/07/2012, 17:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Anak-anak yang mengidap alergi ternyata lebih rentan terkena penyakit akibat perubahan kondisi cuaca yang tidak menentu. Hal ini semakin diperparah dengan tinggi tingkat polusi udara di Indonesia.

"Jadi artinya, hampir separuh anak-anak yang alergi tersebut memang pada kondisi yang mudah sakit, terutama di kondisi cuaca yang tak menentu seperti saat ini," kata dr. Herbowo Soetomenggolo, spesialis anak dari Rumah Sakit Ibu dan Anak Hermina, dalam acara temu media, Senin (2/7/2012), di Jakarta.

Herbowo menjelaskan, salah satu alasan kenapa anak dengan alergi lebih mudah terserang penyakit adalah produksi lendir yang lebih banyak. Seperti diketahui, lendir merupakan media yang baik bagi kuman untuk hidup dan berkembang biak.

"Jadi, satu-satunya jalan adalah bagaimana caranya supaya lendir itu tidak banyak keluar," katanya.

Herbowo mengatakan, penyakit yang paling umum diderita anak dengan alergi adalah flu, infeksi saluran atas, dan diare. Anak dengan alergi, akan lebih mudah terserang diare karena saluran pencernaan mereka tidak terlalu baik, sehingga mudah ditembus kuman-kuman. Inilah alasan kenapa pemberian ASI eksklusif selama enam bulan sangat diperlukan.

"Tujuannya untuk mengamankan usus biar matang, sehingga nanti mampu menghadapi alergen dan kuman-kuman," ungkapnya.

Ia juga menambahkan, pemberian makanan lain selain ASI pada bayi yang belum berusia enam bulan ternyata juga dapat membuat anak lebih mudah kena alergi.

Herbowo menjelaskan, hal terpenting yang dibutuhkan untuk menangani anak dengan alergi adalah bukan dengan pemberian obat-obatan, melainkan lewat upaya pencegahan. Karena, hanya 10 persen anak alergi yang pada akhirnya membutuhkan obat-obatan. "90 persen anak alergi ternyata tidak membutuhkan obat. Mereka hanya butuh pencegahan," katanya.

Pencegahan yang terbaik adalah dengan memastikan lingkungan sekitar anak tetap bersih dan mengurangi hal-hal yang bisa mencetuskan alergi seperti asap, bulu dan debu. Misalnya, memastikan tidak ada asap rokok dirumah dan tidak membawa binatang peliharaan ke dalam rumah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com