Kurang Tidur Melemahkan Sistem Imun

Kompas.com - 03/07/2012, 11:50 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Kebiasaan kurang tidur yang sudah berlangsung lama memiliki efek sama buruknya pada sistem kekebalan tubuh seperti halnya stres fisik. Akibatnya tubuh lebih gampang sakit.

Para peneliti dari Belanda dan Inggris Raya menemukan, kurang tidur akan memicu produksi sel darah putih yang dikenal dengan granulosit (granulocytes) terutama pada malam hari.

"Granulocytes bereaksi ketika tubuh mengalami kurang tidur dan ini menyerupai respon tubuh terhadap stres fisik," kata Katrin Ackermann, peneliti post-doktoral dari Erasmus MC University Medical Center Rotterdam, Belanda.

Dalam penelitian itu ia menghitung jumlah sel darah putih 15 pria muda yang sehat selama beberapa minggu untuk dibandingkan dengan jumlah sel darah putih ketika mereka kurang tidur. Para peneliti juga menemukan bahwa sel darah putih mengalami penurunan pada ritme siang dan malam, serta meningkat saat seseorang kurang tidur.

Berbagai studi sebenarnya sudah menunjukkan bahaya kurang tidur pada kesehatan. Antara lain memicu obesitas, diabetes, serta tekanan darah tinggi.

Ackermann mengatakan di masa datang riset-riset akan mengungkapkan dengan pasti bagaimana kurang tidur berkontribusi pada terjadinya beberapa penyakit.

Karena itu, bagi Anda yang suka begadang sampai larut malam sebaiknya mengatur kembali pola tidur yang baik. Para ahli merekomendasikan agar orang dewasa tidur 7-8 jam setiap malam.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.