Kompas.com - 06/07/2012, 13:52 WIB
EditorPepih Nugraha

KOMPAS.com - Sebagian besar ibu yang melahirkan caesar tidak perlu merasa cemas atau khawatir untuk memberikan ASI eksklusif kepada buah hati mereka. Bisa atau tidaknya seorang ibu memberikan ASI tidak ditentukan oleh metode persalinan melainkan kondisi si bayi dan ibu pasca melahirkan.

Berikut adalah beberapa tips untuk Anda para ibu yang berkeinginan memberikan ASI setelah menjalani operasi caesar:

1. Jangan Hindari Obat

Setelah menjalani operasi caesar, Anda mungkin masih membutuhkan obat-obatan untuk menghilangkan nyeri. Tapi jangan khawatir, obat-obatan itu umumnya tidak akan banyak memengaruhi buah hati Anda. Konsultasikan kepada dokter, untuk memastikan bahwa obat yang Anda peroleh sudah tepat dosisnya. Masalah justru akan datang ketika Anda berusaha menghindari obat-obatan tersebut. Rasa sakit yang tak tertahankan mungkin malah akan menyebabkan ketidakteraturan pemberikan ASI. Bicarakan dengan dokter atau perawat tentang bagaimana cara menyapih yang benar disaat harus mengambil obat-obatan.

2. Menyusui dini

Setiap bayi baru lahir sudah seharusnya mendapatkan hak untuk memperoleh ASI. Perlu sebuah kesepakatan dan kerjasama yang saling mendukung antara si ibu dan petugas medis dengan melaksanakan IMD (Inisiasi Menyusi Dini). IMD akan memberi kesempatan kepada Anda dan bayi untuk melakukan kontak fisik dan perlekatan dari kulit ke kulit dengan cara bayi diletakkan di dada ibunya. Proses IMD ini akan membentuk suatu keterikatan psikologis yang kuat. Proses ini harus dilakukan dalam waktu satu jam pertama setelah lahir. Satu hal yang menyenangkan adalah bahwa jika Anda melakukannya, Anda cenderung tidak merasakan sakit akibat sayatan.

3. Dapatkan dukungan

Setiap rumah sakit seharusnya memiliki kader laktasi atau biasa disebut konsultan laktasi. Mereka bertugas untuk membantu para Ibu agar dapat menyukseskan pemberian ASI. Para konsultan laktasi ini akan memberitahu Anda bagaimana cara menyusui, sekalipun Anda tidak menemui masalah.

4. Cari posisi yang baik saat menyusui

    
Menemukan posisi yang baik untuk menyusui sangat penting paca melahirkan caesar. Pastikan tubuh bayi dekat dengan Anda. Untuk melindungi luka bekas operasi Anda bisa menggunakan bantal sebagai alasnya. Letakan bayi disamping atau di bawah ketiak Anda. Pasca operasi caesar, penting bagi bayi untuk menerima kolostrum dan mulai belajar untuk menyusui. Hal ini juga bermanfaat untuk mencegah pembengkakan payudara dan menjaga pasokan ASI tetap terjaga.

5. Selalu dekat dengan bayi
    
Rumah sakit biasanya akan menyediakan ruang rawat gabung bagi ibu dan bayi pasca melahirkan. Rawat gabung akan mempermudah Anda untuk mendapatkan sesuatu yang Anda butuhkan. Misalnya, mempersingkat waktu untuk menenangkan bayi ketika lapar.  Jika karena alasan tertentu Anda dan bayi harus dipisahkan, mintalah kepada perawat untuk memompa ASI dan ulangi setiap 3-4 jam sampai Anda dan bayi bertemu kembali.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu

    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.