Kompas.com - 09/07/2012, 10:25 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Sebagai seorang model, Renata Kusmanto tentu harus selalu menjaga kecantikan kulit wajahnya. Apalagi, make-up yang selalu menutupi wajahnya saat bekerja membuat kulitnya lebih sulit untuk "bernafas" dan lebih rentan jerawat.

"Untuk menghindari jerawat, saat show aku pakai make-up sendiri yang sudah cocok dengan kulitku," tukas Renata kepada Kompas Female, saat konferensi pers Jakarta Fashion Week 2012 di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Karena kulitnya yang cenderung sensitif, Renata mengaku memiliki ritual khusus untuk mengatasinya. Setelah selesai bekerja, ia langsung membersihkan wajahnya dengan susu pembersih dan toner. Namun, karena make-up panggung yang digunakannya cukup tebal,  biasanya ia mengulangi langkah ini sampai dua kali. "Biasanya langkah ini diulang antara dua sampai tiga kali agar make-up benar-benar hilang," tukasnya.

Untuk memastikan kulit wajahnya sudah bersih, ia meraba kulit wajah dan merasakan apakah masih ada sisa-sisa riasan wajah yang tersisa. Langkah kedua adalah dengan mencuci muka dengan sabun agar make-up ini hilang sempurna.

Untuk menjaga kulit mulusnya, Renata selalu menggunakan masker madu setiap pagi hari. Tak sulit untuk membuat masker madu ini, karena masker ini hanya terbuat dari madu alami yang dioleskan ke wajah. Setelah beberapa menit, wajah dibilas dengan menggunakan air hangat. "Masker madu ini sangat berguna untuk kulit sensitif karena bisa membantu merawat dan menghaluskan kulit," pungkas perempuan asli Klaten ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.