Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengalami Gejala Mirip Skizofrenia, Harus Bagaimana?

Kompas.com - 12/07/2012, 09:16 WIB

TANYA :

Dok, saya sempat browsing di internet, dan saya menemukan istilah skizofrenia. Setelah saya menggali lebih jauh, ternyata banyak ciri yang hampir sama dengan yang saya alami 3 tahun terakhir ini. Awalnya, saya menolak apa yang saya alami tersebut sebagai kelainan psikologis. Namun seiring waktu berjalan, saya mulai terbuka dan mencari penanggulangan kelainan tersebut. Saya browsing di internet dan banyak sumber memberikan keterangan bahwa pengidap skizofrenia harus minum obat selama hidupnya. Apakah ada cara lain untuk menyembuhkan kelainan ini atau setidaknya meminimalisir dampak dari kelainan ini? Apa yang harus saya lakukan dok? Saya benar-benar bingung..Terimakasih..

(Agung R, 19, Pekalongan)

 

JAWAB :

Agung yang baik,

Ada baiknya, jika Agung merasa mengalami gejala-gejala yang mirip dengan skizofrenia untuk segera berkonsultasi ke psikiater agar bisa dilakukan penatalaksanaan yang tepat. Gangguan jiwa seperti skizofrenia memang terkadang mempunyai banyak gejala yang kadang mungkin tidak tampak terlihat oleh orang di sekitar pasien. Namun biasanya gejala yang khas adalah waham atau delusi yaitu suatu keyakinan yang salah yang dipertahankan yang tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan, budaya dan sosial dari orang tersebut.

Keyakinan ini dipertahankan erat walaupun sudah diberikan bukti-bukti yang mendukung sebaliknya. Biasanya gejala yang khas adalah waham paranoid, suatu keyakinan yang salah bahwa ada orang atau sekelompok orang yang ingin berbuat jahat atau tidak baik dengan pasien. Selain waham, pasien skizofrenia juga sering mengeluhkan adanya halusinasi auditorik yaitu halusinasi dengar di mana pasien mendengar adanya suara-suara yang saling membicarakan atau menyuruh pasien melakukan sesuatu yang tidak ada sumbernya.

Gangguan ini merupakan gangguan persepsi dengar jadi bukan gangguan anatomis organik akibat kelainan struktur anatomi telinga. Sifat dari gangguan skizofrenia adalah gangguan dalam penilaian realita. Inilah mengapa pasien skizofrenia sering merasa tidak sakit dan tidak memerlukan pengobatan. Sedikit berbeda dengan apa yang dialami Agung, saudara sadar ada yang salah dengan anda.

Pengobatan untuk skizofrenia memang berlangsung lama, biasanya berkisar antara 2 sampai dengan 5 tahun tergantung kondisi pasien dan sudah berapa kali pasien mengalami kondisi akut. Memang ada pasien yang harus memakan obat seumur hidup agar keseimbangan sistem di otaknya menjadi baik dan pasien dapat beraktifitas normal. Saran saya segera ke psikiater untuk mendapatkan kejelasan tentang apa yang Agung alami. Semoga membantu.

Salam Sehat Jiwa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com