Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/07/2012, 09:37 WIB

T:      
Teman saya lagi dalam program diet penurunan berat badan, dan dia hanya mengonsumsi sayuran saja. Setelah beberapa hari dia mengalami diare. Pertanyaannya, apakah ada efek dari program diet sayur yang dijalankannya? Untuk ukuran normal berapa banyak konsumsi sayur baik bagi yang berdiet maupun yang hanya memenuhi kebutuhan serat? (Perawati, 23) 

J:
Dear Ananda Perawati,
Tentu saja ada efek samping yang merugikan dari diet sayur secara berlebihan (mengingat teman Ananda hanya mengkonsumsi sayuran saja). Mengapa? Seperti diketahui bahwa sayuran kaya akan serat. Asupan serat dari bahan makanan sumber alami (seperti sayuran dan buah-buahan) dalam jumlah yang sesuai kebutuhan, akan memberikan banyak keuntungan bagi kesehatan tubuh seperti:

* Menjaga kadar kolesterol darah dalam batas normal, sehingga membantu menurunkan risiko penyakit jantung.
* Menjaga kadar gula darah sehingga menurunkan risiko penyakit kencing manis.
* Mempertahankan berat badan dalam batas normal.

Namun asupan serat yang berlebihan (terutama yang berasal dari serat murni, banyak terdapat dalam bentuk suplemen) akan memberikan efek yang merugikan pula bagi tubuh seperti:

* Menyumbat saluran cerna terutama jika asupan serat tidak disertai dengan minum air yang cukup.
* Menghilangkan banyak zat gizi dari makanan yang dikonsumsi, karena serat yang berlebihan mempercepat proses pengeluaran dari sistem saluran cerna sehingga menghambat proses penyerapannya.
* Berikatan dengan mineral (seperti zat besi, kalsium, zinc) menyebabkan mineral tersebut akan terbuang dari tubuh, yang tentunya lebih mudah menimbulkan kekurangan atau defisiensi zat mineral tersebut.
* Menimbulkan rasa cepat kenyang, menyebabkan orang yang mengonsumsinya tidak ingin makan. Hal ini tidak dianjurkan bagi anak dengan kesulitan makan, orang tua, maupun orang yang berisiko malnutrisi, karena akan memperberat kondisi malnutrisi yang sudah ada.
* Ikut membawa banyak cairan saat serat dikeluarkan dari tubuh, oleh karena itu jika tidak disertai dengan asupan cairan yang cukup akan meningkatkan kemungkinan terjadi dehidrasi.
* Menimbulkan diare karena pendeknya waktu transit di usus besar sehingga semua sisa makanan akan keluar lebih cepat dari usus besar, serta lebih banyak pula cairan yang ikut terbuang. Akibatnya, feses menjadi lebih encer dan lebih sering.

Asupan serat yang dianjurkan bagi setiap orang dewasa yang sedang berdiet ataupun untuk memenuhi kebutuhan serat sehari, sekitar 20-35 gram/hari. Jumlah ini dapat dipenuhi dengan mengkonsumsi sebanyak 5-6 porsi sayuran dan buah-buahan sehari. Ukuran satu porsi sayuran adalah sekitar 100 gram sebelum dimasak atau diolah, sedangkan satu porsi ukuran buah-buahan adalah sebagai berikut:

 

Anggur

165 g

Apel

85 g

Belimbing

140 g

Blewah

70

Duku

80 g

Jeruk manis

110 g

Jambu air

110 g

Jambu biji

100

Mangga

90 g

Melon

190 g

Nanas

95 g

Pisang

50 g

Pepaya

190 g

Semangka

150 g

Sirsak

60 g

Salak

65 g

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com