Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/07/2012, 12:48 WIB

Kompas.com - Mengantisipasi menurunnya pasokan stok darah selama bulan Ramadhan, Palang Merah Indonesia (PMI) giat melakukan aksi jemput bola ke pusat keramaian di berbagai daerah sehingga para pendonor lebih mudah menyumbangkan darahnya.

Selama bulan Ramadhan, stok darah di PMI akan menurun sampai 50 persen dari biasanya yang mencapai 800-1000 kantong darah perhari.

"Stok darah paling sedikit biasanya pada satu minggu sebelum Lebaran sampai dua minggu setelahnya," kata dr.Robby Nur Aditya, Kepala Seksi Unit Donor Darah dan Informasi, PMI Pusat, di sela kegiatan donor darah yang diadakan oleh Tupperware di Jakarta, Jumat (13/7).

PMI juga menjalin kerjasama dengan berbagai instansi dan komunitas, terutama komunitas non-muslim, untuk menggiatkan kegiatan donor darah selama bulan puasa. "Kami juga melakukan penyesuaian jam pelayanan darah, menjadi siang sampai malam selama bulan puasa," paparnya.

Selain itu PMI juga menyebarkan mobile unit donor darah yang akan berkeliling ke pusat-pusat keramaian, dengan target 50 kantong darah perhari.

Robby mengungkapkan, berbagai pendekatan yang dilakukan PMI selama ini sudah menunjukkan peningkatan kantong darah yang signifikan.

"Sejak tahun 2009, sudah ada peningkatan kantong darah sampai 16 persen dibanding dengan kepengurusan tahun sebelumnya. Sekarang ini sudah tembus 2,2 juta kantong darah dan targetnya 2,5 juta kantong darah di tahun 2012 serta naik 20 persen tiap tahun," imbuhnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com