Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/07/2012, 10:23 WIB
EditorAsep Candra

Kompas.com - Selama ini, kita mungkin selalu membatasi hadirnya kata stres dalam hidup kita. Meskipun stres terkait erat dengan berbagai gangguan kesehatan, tetapi sebenarnya stres juga punya sisi positif, yakni membuat kita lebih tegar.

Menurut Jacob Teitelbaum, direktur medis pusat penyakit Fibromyalgia dan Fatigue Center and Chronicity di Amerika Serikat, stres juga merupakan salah satu pemicu energi dalam aktivitas sehari-hari. Asal kita dapat mengendalikannya dengan baik, stres akan memberi keuntungan bagi siapapun.

"Stres adalah hal yang sangat sehat, karena itu akan memberikan kita energi untuk hidup. Tanpa stres kita tak akan punya energi untuk melakukan aksi," kata Jacob

Lihat saja para "pemburu" adrenalin yang selalu mencari situasi stres untuk mendapatkan sensasi rasa tinggi dari emosi dan fisik. Situasi itu akan memicu respon "melawan atau pergi" yang merangsang pengeluaran kortisol dan adrenalin sehingga memicu energi dan meningkatkan imunitas.

Beberapa penelitian juga menyebutkan stres jangka pendek, misalnya saat kita menghadapi operasi, akan menyebabkan perubahan biologi dalam tubuh sehingga mempercepat proses penyembuhan. Stres juga diketahui akan meningkatkan kemampuan daya ingat.

"Tetapi saat stres menjadi berlebihan, dalam periode lama, serta tubuh kita tidak meresponnya dalam aktivitas fisik dan emosional, maka stres menjadi tidak sehat," kata Teitelbaum.

Pada intinya adalah keseimbangan. Pada takaran tertentu stres bukan hanya menyehatkan tapi juga penting. Ketika stres sudah berlebihan ia akan menjadi toksik pada tubuh dan pikiran.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+