Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/07/2012, 09:54 WIB

TANYA:

Dok, saya mau tanya apakah remaja usia 19 tahun seperti saya masih bisa menambah tinggi badan? Kalau bisa adakah rekomendasi olahraga sederhana, makanan atau obat yang bisa saya konsumsi untuk menunjang tinggi badan saya? Terima kasih atas jawabannya.
 
Ana Kamaliyah (19), Magelang

JAWAB:
Ana yang baik,
Pertambahan tinggi seorang anak biasanya akan berhenti rata-rata saat usia 18 tahun.  Tidak ada makanan, obat atau upaya lain seperti olahraga tertentu yang dapat menambah tinggi kamu.

Tinggi pendeknya seorang anak/remaja dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti faktor keturunan yaitu tinggi badan kedua orangtua, faktor nutrisi, faktor hormonal, aktifitas fisik dan sebagainya. Yang terpenting buat kamu adalah menjaga kondisi kesehatan dengan optimal, seperti mengkonsumsi makanan yang bergizi, istirahat yang cukup, olahraga dan membiasakan dengan kegiatan yang positif

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com