Kompas.com - 20/07/2012, 14:37 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Makanan manis semacam cake selama ini dianggap sebagai musuh orang yang ingin menjaga berat badan. Tetapi sebuah studi terbaru malah menyebutkan bahwa sarapan cake cukup efektif menurunkan berat badan.

Peneliti dari Universitas Tel Aviv secara random membagi 200 peserta penelitian ke dalam dua kelompok. Kelompok pertama diminta mengasup menu sarapan rendah kalori dan rendah karbohidrat, sementara kelompok lainnya mengonsumsi makanan manis seperti donat atau cake. Kedua kelompok itu setiap hari mengasup jumlah kalori yang sama, yakni 1.600 untuk pria dan 1.400 untuk wanita.

Kedua kelompok peserta penelitian itu sama-sama berhasil menurunkan berat badan sekitar 15 kilogram dalam empat bulan. Tetapi pada empat bulan berikutnya kelompok yang mengasup sarapan rendah kalori mengalami kenaikan berat badan kembali sekitar 10 kilogram. Sedangkan kelompok sarapan manis mengalami tambahan penurunan berat badan sampai enam kilogram.

Sebenarnya apa kunci keberhasilan kelompok kedua tersebut? Para peneliti mengatakan menu sarapan tinggi karbohidrat dan protein akan mencegah timbulnya rasa lapar berlebihan. Selain itu hormon ghrelin si hormon lapar juga bisa ditekan.

Mereka yang sarapan cake dan makanan manis lainnya memang mengaku tidak terlalu lapar sehingga keinginan ngemil pun berkurang. Pada akhirnya mereka bisa membatasi asupan kalori.

Untuk mendapatkan penurunan berat badan yang bertahan lama, komposisi makronutrien dalam menu makan siang dan makan malam harus diperhatikan sebagai kompensasi menu sarapan tersebut.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.