Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/07/2012, 14:37 WIB

Kompas.com - Makanan manis semacam cake selama ini dianggap sebagai musuh orang yang ingin menjaga berat badan. Tetapi sebuah studi terbaru malah menyebutkan bahwa sarapan cake cukup efektif menurunkan berat badan.

Peneliti dari Universitas Tel Aviv secara random membagi 200 peserta penelitian ke dalam dua kelompok. Kelompok pertama diminta mengasup menu sarapan rendah kalori dan rendah karbohidrat, sementara kelompok lainnya mengonsumsi makanan manis seperti donat atau cake. Kedua kelompok itu setiap hari mengasup jumlah kalori yang sama, yakni 1.600 untuk pria dan 1.400 untuk wanita.

Kedua kelompok peserta penelitian itu sama-sama berhasil menurunkan berat badan sekitar 15 kilogram dalam empat bulan. Tetapi pada empat bulan berikutnya kelompok yang mengasup sarapan rendah kalori mengalami kenaikan berat badan kembali sekitar 10 kilogram. Sedangkan kelompok sarapan manis mengalami tambahan penurunan berat badan sampai enam kilogram.

Sebenarnya apa kunci keberhasilan kelompok kedua tersebut? Para peneliti mengatakan menu sarapan tinggi karbohidrat dan protein akan mencegah timbulnya rasa lapar berlebihan. Selain itu hormon ghrelin si hormon lapar juga bisa ditekan.

Mereka yang sarapan cake dan makanan manis lainnya memang mengaku tidak terlalu lapar sehingga keinginan ngemil pun berkurang. Pada akhirnya mereka bisa membatasi asupan kalori.

Untuk mendapatkan penurunan berat badan yang bertahan lama, komposisi makronutrien dalam menu makan siang dan makan malam harus diperhatikan sebagai kompensasi menu sarapan tersebut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com