Bahaya Terlalu Dini Ajarkan Anak Toilet Training

Kompas.com - 23/07/2012, 13:59 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Orangtua yang ingin mengajarkan anaknya menggunakan toilet  disarankan untuk menunggu sampai si anak berusia tiga tahun. Terlalu dini mengajari mereka toilet training justru bisa melukai anak karena kandung kemihnya belum kuat.

Dr.Steve Hodges, profesor dari Wake Forest University North Carolina, menjelaskan bahwa toilet training terlalu cepat juga bisa menyebabkan konstipasi, kerusakan ginjal, bahkan infeksi saluran kemih, karena anak-anak harus menahan gerakan perut lebih lama dari yang mereka bisa.

"Anak berusia kurang dari tiga tahun sebaiknya jangan dipaksa menahan keinginannya untuk buang air," kata Hodges.

Bukannya anak tidak bisa diajari memakai toilet, namun mengetahui kapan ingin buang air kecil atau buang air besar tidak sama dengan merespon kebutuhan tubuh dalam cara-cara yang baik.

Menurut Hodges, pasiennya yang memiliki masalah dengan toilet seperti mengompol, sering kencing, infeksi saluran kemih, atau tidak bisa menahan buang air besar, pada umumnya adalah anak yang terlalu dini diajari toilet training.

 


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X