Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sering Dibajak, Game Android 'Dead Trigger' Digratiskan

Kompas.com - 25/07/2012, 09:48 WIB

KOMPAS.com - Madfinger Games, pengembang game mobile, memutuskan untuk menggratiskan salah satu karya mereka berjudul Dead Trigger dari beberapa hari sebelumnya dibanderol 0,99 dollar AS di Google Play Store.

Langkah mereka mengejutkan semua pihak, terutama pemain yang sudah terlanjur membeli game tersebut meski alasannya ternyata tidak terlalu mengagetkan yakni pembajakan.

Berdasarkan pernyataan di Page mereka di jejaring sosial, Facebook, Madfinger Games menyatakan bahwa tingkat pembajakan yang menurut mereka jauh lebih beringas daripada yang diperkirakan.

Semula, mereka ingin membuat game Dead Trigger bisa diakses banyak orang dengan memasang harga yang sangat minim dan belum berani mendistribusikan secara gratis karena belum berpengalaman.

"Namun dengan harga hampir 1 dollar AS, tingkat pembajakan ternyata sungguh tinggi sehingga kami memutuskan untuk membuatnya gratis," ujar Madfinger Games dalam pernyataan resminya.

Langkah tersebut di satu sisi menggembirakan bagi pencari game gratisan untuk Android, terlebih lagi kualitas grafis maupun intensitas aksinya sekelas game yang berbanderol 8 dollar AS.

Namun, keputusan tersebut ternyata juga mengecewakan pengunduh yang terlanjur membayar. Dalam komentar di halaman Google Play Store, tidak sedikit yang mengaku tertipu dengan ulah Madfinger ini.

Mereka menuntut kompensasi karena sudah menjadi "early adopter" alias pengguna dini yang sudah membayar agar game ini bisa sukses.

Terlepas dari harga nol yang dipatok Madfinger Games, mereka ternyata juga tidak mengandalkan monetisasi dari In App Purchase (IAP) atau transaksi uang nyata di dalam game yang kerap dijumpai di game sejenis.

Biasanya, IAP ditawarkan kepada pemain untuk mendapatkan senjata atau fitur lain yang sulit didapatkan bila bermain secara normal.

"Dead Trigger bukanlah freemium, tapi free to play," tegas Madfinger Games.

Freemium berarti game yang bisa diunduh secara gratis dari Google Play Store tapi sulit dinikmati bila tidak bertransaksi di dalam permainan. Biasanya membeli mata uang, senjata, hingga fitur bermain tanpa iklan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com