Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Puasa untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Kompas.com - 26/07/2012, 05:40 WIB

Oleh: Anakebusri

kompasiana: anakebuSri

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah, rahmat, dan ampunan. Pada bulan ini, tidur pun bernilai ibadah. Tidak heran jika setiap Muslim akan berlomba-lomba meningkatkan amal ibadahnya, tak terkecuali ibu hamil dan menyusui.

Wanita hamil dan menyusui memang tidak diwajibkan berpuasa. Namun, puasa tetap dibolehkan selama kondisi fisiknya memungkin­kan karena pada dasarnya puasa tidak mengganggu pertumbuhan janin.

Hal pertama yang perlu diperhatikan ketika seorang wanita hamil atau menyusui memutuskan untuk berpuasa adalah kondisi fisiknya. Bagi ibu hamil trimester kedua (4-7 bulan), puasa bisa jadi bukan masalah karena gangguan ketidaknyamanan akibat perubahan hormonal sudah mulai berkurang, dan ibu telah menyesuaikan diri.

Akan tetapi, bagi ibu hamil trimester pertama (1-3 bulan), Anda harus memerhatikan betul kondisi fisik. Jika merasa mual dan muntah, maka sebaiknya tidak berpuasa. Mual dan muntah yang berlebih akan berakibat dehidrasi. Tubuh manusia 70 persen terdiri dari cairan sehingga dehidrasi pada wanita hamil akan berakibat kurang baik pada janin.

Hal kedua, yaitu konsumsi cairan dan zat gizi yang tepat. Seperti telah dikemukakan di atas, 70 persen tubuh manusia adalah cairan. Cairan dan mineral dibutuhkan untuk mengirim nutrisi ke seluruh tubuh, termasuk ke janin dan saluran payudara. Cairan bisa diperoleh dari air (teh, susu, dan jus) atau buah yang banyak mengandung air, seperti jeruk, semangka, dan melon.

Perhatikan pula menu  makanan Anda. Tidak perlu mahal, tetapi seimbang. Pastikan ada sayur dan lauk yang mengandung protein, baik hewani maupun nabati. Protein baik untuk regenerasi sel dan energi.

Pastikan juga kebutuhan gula Anda terpenuhi. Makanan manis yang dianjurkan dan tidak berba­ha­ya bagi penderita diabetes adalah kurma. Kurma terbukti mengandung karbohidrat, vitamin, dan mineral penting yang bemanfaat untuk tubuh, seperti vitamin A, B1, B3, magnesi­um, potasium, dan kalsium. Sebuah penelitian menunjukkan, salah satu manfaat kurma adalah mengecilkan pembuluh darah dan mencegah pendarahan di rahim.

Yang terpenting dan utama ada­lah niat. Niat dan tekad yang kuat akan membuat tubuh Anda be­reaksi positif. Namun, tekad dan niat seyogianya juga diimbangi dengan perilaku yang mendukung. Jangan malas untuk makan pada saat sahur dan buka puasa.

 [http://kom.ps/ABteCI]

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com