Kompas.com - 26/07/2012, 10:08 WIB
EditorAsep Candra

TANYA :

Dok, anak saya berusia 7 bulan, mulai tumbuh gigi seri depan bawah. Yang menjadi pertanyaan  saya: 1. Terlalu cepat, normal atau lambat pertumbuhan gigi anak saya tersebut? 2. Bagaimana cara membersihkan gigi dan gusi anak seusianya? 3. Apakah ada hubungan antara pertumbuhan gigi dengan cepat atau lambatnya anak bisa berjalan? Soalnya menurut ipar saya, bila cepat tumbuh gigi, berjalannya lambat? Mohon penjelasan.

(Toto, 38, Jakarta)
 

JAWAB :

 

Bapak Toto yang baik,

Pertumbuhan gigi susu anak bapak termasuk normal, karena waktu rata-rata muncul ke permukaan gusi (erupsi) untuk gigi susu seri depan bawah adalah 6,5 bulan. Keterangan waktu erupsi untuk gigi susu maupun gigi tetap dapat anda lihat di jawaban konsultasi tanggal 5 Juli 2012 yang lalu.

Cara membersihkan gigi dan gusi untuk anak usia 7 bulan adalah dengan menggunakan kain kasa yang dibasahi air yang sudah dimasak (air matang), kemudian kain kasa tersebut dililitkan di jari telunjuk anda. Setelah itu anda dapat membersihkan dengan perlahan bagian gigi yang sudah tumbuh, gusi, dan lidah anak anda. Pada usia ini, sebaiknya tidak perlu menggunakan pasta gigi, karena anak belum mampu berkumur.

Sebagai saran tambahan, anda dapat mulai memperkenalkan sikat gigi untuk dipegang anak anda. Serta, mulai melakukan pemeriksaan ke Dokter Gigi.

Jawaban untuk pertanyaan terakhir, sebenarnya tidak ada hubungan antara cepatnya tumbuh gigi dengan kemampuan berjalan yang lambat. Keduanya merupakan masalah yang berbeda. Pertumbuhan gigi susu yang cepat, belum jelas diketahui penyebabnya apakah karena faktor lokal atau faktor sistemik.

Sedangkan pertumbuhan gigi susu atau gigi tetap yang lambat, dapat dikaitkan dengan faktor nutrisi ketika ibu hamil maupun ketika anak telah lahir, trauma pada gigi susunya, faktor hormonal, genetik dan penyakit sistemik. Pada kasus kemampuan berjalan anak yang lambat, anda dapat langsung berkonsultasi kepada Dokter Spesialis Anak.

Demikian Bapak, semoga informasinya bermanfaat dan semoga anak anda sehat selalu.


Salam gigi sehat.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.