Kompas.com - 26/07/2012, 23:50 WIB
|
EditorFarid Assifa

GOWA, KOMPAS.com -- Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Gowa menemukan makanan kaleng maupun snack impor dari Cina yang kedaluwarsa masih dijual di minimarket. Penemuan ini diungkapkan Kepala Disperindag Taufik Mursad kepada wartawan, Kamis (26/7/2012).

"Kami langsung sita produk tersebut dan kami amankan sebagai barang bukti di kantor Disperindag saat ini," kata Taufik.

Dengan adanya temuan ini, pihak Disperindag menurunkan tim bidang perdagangan untuk membedah pasar maupun minimarket-minimarket yang ada di kota Sungguminasa, Kamis (26/7/2012). Tim ini menyisir sejumlah minimarket seperti Alfa Mart di Jalan Masjid Raya, Wang Mart Jalan Usman Salengke, Mega Mart dan Indomaret di Jalan Mangka Dg Bombong serta Alfa Midi di Jalan Agussalim.

Khusus di Alfa Mart, Wang Mart, Mega Mart, dan Indomaret, tim tidak menemukan produk makanan kemasan dan kalengan yang kedaluwarsa. Tim hanya menemukan makanan dan minuman yang tanggal edarnya selisih sehari dari batas edar. Kendati yang ditemukan hanya produk yang beda sehari masa edarnya, namun tim Disperindag belum menyitanya.

"Tim kami masih solider, apalagi pemilik minimarket berjanji akan menyimpan semua barang yang sudah selisih satu hari masa edar itu. Dengan begitu, tim tetap melakukan ricek setiap hari untuk mengantisipasi spekulan nakal yang mungkin saja kembali akan menawarkan barang yang sudah tidak layak jual," tegas Taufik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.