Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foke: Terbukti "Bullying", Siswa Kena Sanksi

Kompas.com - 28/07/2012, 12:58 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengatakan, siswa yang terbukti terlibat dalam aksi bullying di SMA Don Bosco Jakarta harus mendapatkan sanksi. Hal ini mengingat, aksi kekerasan terhadap siswa baru tidak semestinya terjadi.

"Siswa yang melakukan tindak kekerasan harus mendapat sanksi," kata Foke, sapaan akrab Fauzi Bowo, di Koja, Jakarta, Jumat (27/7/2012).

Ia mengatakan, masa orientasi sekolah (MOS) adalah waktu bagi para siswa baru untuk mengenal lingkungan barunya. Untuk itu, dilarang keras menggunakan kekerasan pada saat kegiatan ini berlangsung, baik di sekolah negeri maupun swasta.

"Pada pelaksanaan MOS tidak diperkenankan terjadi tindakan kekerasan, ancaman, penganiayaan, atau pemerasan kepada siswa baru oleh kakak kelas," ujar Foke.

Ia menginstruksikan agar Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta (Disdik DKI Jakarta) menginspeksi sekolah yang berada di Pondok Indah tersebut untuk memastikan adanya dugaan tindakan kekerasan atau bullying siswa baru.

"Disdik DKI akan menyelidiki dugaan tindakan kekerasan siswa senior terhadap siswa baru. Nanti baru akan ditentukan tindakan selanjutnya, apakah berupa sanksi berat atau sekadar administrasi," kata Foke.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com