Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/08/2012, 12:29 WIB

TANYA :

Apakah setiap orang yang mendengkur (snoring) harus melakukan pemeriksaan tidur (sleep study) yang 6 jam ? Saya mendengkur tapi tanpa faktor risiko seperti obesitas, hipertensi  atau pun diabetes melitus. Saya juga pada saat siang hari tidak mengalami lesu  atau ngantuk. Saya mudah tertidur dan relatif cukup tidur, namun saat bangun pagi tidak terlalu segar. Mohon advisnya. Terima kasih.

(Robby, Jakarta)

JAWAB :

Pak Robby, jika snoringnya terjadi hanya sekali-sekali dan hanya saat lelah/capek sekali biasanya tidak perlu. Tetapi, jika setiap hari selalu snoring dengan keluhan lain capek kalau siang, ngantuk terus, ada obesitas dan lainnya, maka sebaiknya melakukan Sleep Study, karena ditakutkan ada henti nafas sewaktu tidur.

Tidak semua snoring pasti ada henti nafas, tapi untuk mengetahui ada henti nafas atau tidaknya sebaiknya harus dilakukan Sleep Study karena sifat dari hasil pemeriksaan itu objektif atau sesuai dengan apa yang ada.

Dijawab oleh : dr. Lanny S. Tanudjaja
Informasi lebih lanjut hubungi : 021 – 27625500 ext. 1000 Sleep Clinic - Rs. Premier Bintaro

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com