Kompas.com - 07/08/2012, 09:40 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Jika Anda dan pasangan sedang berencana memiliki momongan, kesuburan harus selalu dijaga, termasuk kualitas sperma. Banyak faktor yang bisa membuat sperma menjadi lemah sehingga tak mampu membuahi.

Dalam penelitian terhadap 4.867 pria selama 14 tahun, ditemukan bahwa sekitar 15 persen pria memiliki kualitas sperma yang rendah sehingga mereka perlu terapi kesuburan jika ingin memiliki anak. Selain itu, sekitar 27 persen pria mungkin harus menunggu lama untuk memiliki bayi.

"Belum diketahui apa yang menyebabkan rendahnya kualitas sperma, tetapi faktor lingkungan dan gaya hidup kita sangat berpengaruh," kata ketua peneliti Dr.Niels Jorgensen, ketua divisi andrologi dari departemen reproduksi dan pertumbuhan, Copenhagen.

Ia menjelaskan, tidak ada faktor tunggal yang menyebabkan turunnya kualitas sperma, tetapi berbagai sebab.

Untuk menjaga kualitas sperma, hal yang penting adalah memperhatikan pola makan dan kebiasaan olahraga. "Kualitas sperma yang rendah bisa menjadi indikator akurat pada kesehatan keseluruhan," kata Dr.Larry Lipshultz, profesor urologi.

Kebiasaan mengonsumsi alkohol, kegemukan, dan merokok, bisa menyebabkan kualitas sperma menurun.

Zat kimia yang punya pengaruh menyerupai estrogen, misalnya bisphenol-A dalam produk plastik, juga berbahaya bagi sperma. Hal ini juga menjelaskan mengapa pria yang berasal dari daerah pertanian biasanya kualitas spermanya rendah akibat paparan pestisida.

Pria yang memiliki faktor risiko seperti pernah menjalani kemoterapi, trauma pada testis, atau usia istri lebih dari 35 tahun, disarankan untuk menjalani pemeriksaan organ reproduksi pada dokter kandungan dan ahli urologi sebelum melakukan program kehamilan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.