Kompas.com - 07/08/2012, 10:11 WIB
Editorwawa

Tanya:
Saya (32), setelah menikah langsung dikaruniai putra dan sekarang berusia tiga tahun empat bulan. Sejak si kecil lahir, saya tidak pernah memakai KB, hanya suami saja yang memakai. Setelah anak saya berumur dua tahun, kami memutuskan untuk menambah anak lagi. Akan tetapi, setelah satu tahun berlalu, usaha kami tidak menunjukkan hasil. Menurut dokter kandungan, saya menderita kista tiga buah. Terbesar berukuran 6,5 cm, dan katanya ini yang menyebabkan saya susah hamil karena letaknya menutupi indung telur. Saya disarankan melakukan operasi. Tapi saya belum berani. Dokter, adakah cara lain untuk menghilangkan kista tanpa operasi? (Joyce, via Facebook)

Jawab:
Adanya kista dari indung telur atau organ lain di sekitar rongga panggul dapat mengganggu kesehatan ibu dan organ kandungan di sekitarnya. Bila betul kistanya sekitar 6,5 cm dan berasal dari indung telur (ovarium) sebaiknya dioperasi, caranya dengan memakai laparoskopi operatif (operasi dengan teknik minimalis tetapi hasilnya bagus).

Bila kista tersebut diduga endometriosis (kista cokelat) memang ada yang menganjurkan pemberian suntikan hormon untuk menghentikan sementara haid ibu. Saat ibu tidak haid, maka kista endometriosis akan mengecil karena isi kista tersebut adalah semacam darah haid.

Kista endometriosis mempunyai sifat menyerang jaringan di sekitarnya sehingga timbul perlekatan. Kista endometriosis hingga saat ini belum bisa disembuhkan secara total karena sering kambuh. Kekambuhan tersebut berkaitan dengan adanya haid dan dapat menimbulkan gangguan hormon.

Apakah sudah dilakukan tes HSG untuk melihat apakah ada sumbatan pada saluran telur? Tes HSG sangat penting untuk program kehamilan yang dibantu dengan obat, inseminasi ataupun bayi tabung. Segeralah ibu kembali ke dokter kandungan ibu untuk penanganan program hamil ibu.

(Tabloid Nakita/Narasumber: Dr Judi Januadi Endjun, SpOG, Subbagian Fetotermal Departemen Obstetri dan Ginekologi FK UPN Veteran/RSPAD Gatot Subroto)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.