Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Istri Berperilaku Aneh Setelah Melahirkan Anak ke-2

Kompas.com - 08/08/2012, 10:41 WIB

TANYA :

Dok, saya ingin menanyakan  gejala yang dialami oleh istri saya. Dia adalah wanita berusia 27 tahun seorang ibu rumah tangga yang mengurus 2 orang anak. Pada 6 tahun yang lalu, setelah anak ke-2 kami lahir, dia mulai aneh karena mengaku sering mendengar tangisan anak-anak dan sering mendengar suara-suara yang tak jelas datangnya.  Kemudian, setelah anak kami bertumbuh 6 bulan ke atas, dia mulai normal dan tidak mengalami hal-hal yang ganjil, kecuali sering sekali dia mimpi buruk saja. Setelah anak kami berusia 5 tahun sampai sekarang kondisinya mulai agak aneh lagi. Karena dia sering merasakan putus asa secara tiba-tiba dan juga depresi, tetapi pada hari itu juga dia bisa mengalami kesenangan yang meledak-ledak.

Gejala penyakit apakah ini? Kadang-kadang, dia juga mengalami ketakutan di tengah malam dan merasa ada sosok hitam yang selalu mengawasi dia. Bahkan selalu mengganggunya saat tidur dan terkadang-kadang juga mendengar suara dari sosok hitam yang berbicara kepadanya. Apa yang harus saya lakukan dok? Saya sering membujuknya untuk ke psikiater, tetapi dia selalu berkata lebih baik dia mati, daripada ketahuan dia sendiri gila, dan dia sendiri juga menyadari kalau dia mengalami gangguan jiwa. Mohon sarannya dokter. Terima Kasih.

(Joni, 30, Jakarta)


JAWAB :

Pak Joni yang baik,
Sayang sekali kalau istri tidak mau diajak ke psikiater apalagi jika dia sendiri sebenarnya menyadari ada masalah dalam dirinya. Menjadi hal penting untuk ke psikiater agar mendapatkan pengobatan yang baik.

Keluhan istri bapak saat ini memerlukan penanganan psikiatrik yang baik. Kondisi istri bapak yang tiba-tiba merasa depresi tetapi di lain waktu pada hari yang sama mengalami kesenangan yang meledak-ledak mungkin merupakan suatu gejala gangguan jiwa yang disebut gangguan bipolar. Namun demikian selain memiliki gejala tersebut, ibu juga mengalami halusinasi dengar (Halusinasi auditorik) yang merasa mendengar suara dari sosok hitam (artinya juga mengalami halusinasi visual).

Saya hanya bisa menyarankan agar bapak membujuk ibu agar ke psikiater. Anak-anak yang masih kecil bisa menjadi pendorong ibu agar mau ke psikiater. Jika ibu sakit, bagaimana nasib anak-anak kelak nanti.

Saya memahami stigma "gila" begitu melekat pada profesi dan segala yang berhubungan dengan psikiatri, tetapi semoga bahan-bahan bacaan dari internet yang tersebar luas bisa menjadi sedikit informasi agar kita semua memandang gangguan jiwa sebagai gangguan medis yang bisa disembuhkan. Semoga bisa membantu.

Salam Sehat Jiwa

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com