Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prinsip Fengshui untuk Kamar Tidur Anda

Kompas.com - 08/08/2012, 15:34 WIB

KOMPAS.com - Anda perlu membuat prioritas kebutuhan dengan furnitur dan storage yang tepat di kamar tidur Anda. Menurut prinsip-prinsip fengshui, kamar yang baik sebaiknya hanya digunakan untuk tidur saja, bukan untuk kegiatan lain.

Untuk itu, ada baiknya Anda tidak menempatkan meja kerja, rak buku atau area belajar di dalamnya. Prinsip ini sebenarnya bertujuan menciptakan ketenangan bagi tidur Anda.

Memang, walaupun agak ekstrim, prinsip fengshui untuk kamar tidur bisa Anda jadikan mindset dalam menata kamar tidur yang sempit. Utamakan "sentra tidur" di atas kebutuhan lainnya.

Untuk mencapainya, tentu saja Anda perlu mendaftar benda-benda yang sebenarnya Anda butuhkan di dalam kamar. Perabotan paling vital di kamar adalah ranjang yang dapat menyita sebagian besar area lantai. Ranjang berukuran king size pastinya menjadi idaman.

Namun begitu, sebaiknya Anda tentukan kebutuhan dan luasan yang ada. Bila Anda masih lajang, mungkin ranjang berukuran single lebih praktis.

Selain itu, hal vital selanjutnya adalah tempat penyimpanan yang baik. Kebanyakan orang lebih suka menyimpan pakaian di kamar tidur. Tempat menyimpan pakaian ini seringkali memakan space cukup banyak sehingga Anda akan membutuhkan gantungan dan laci.

Bentuk gantungan atau laci boleh bervariasi, mulai lemari pakaian sepanjang dinding sampai armoire (rak) kecil dengan laci-laci untuk menyimpan pakaian lipat. Sebaiknya, disisakan juga tempat untuk lampu baca, buku, jam atau radio dan kebutuhan malam lainnya.

Jangan lupa meletakkan sebuah kursi jika masih ada ruang. Kursi ini bukan saja berguna untuk duduk, tetapi juga merupakan alternatif yang baik untuk menyampirkan pakaian atau buku kecil ketika sedang terburu-buru, yang mungkin lebih baik daripada melemparkannya ke lantai. Mau dicoba?

(Sherly Susanti)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com