Kompas.com - 09/08/2012, 08:15 WIB
EditorAsep Candra

TANYA :

Dok, penis saya kalau sedang ereksi bentuknya melengkung ke bawah, tidak ke atas seperti kebanyakan yang digambarkan. Berdasarkan artikel-artikel yang saya baca di internet, penis saya tidak termasuk peyronie disease karena tidak bengkok atau nyeri saat ereksi. Yang ingin saya tanyakan, apakah normal dengan kondisi penis seperti itu? Dapatkah penis saya ereksi ke atas melalui terapi tertentu? Terima kasih sebelumnya atas jawaban yang diberikan.

(Rudi, 26, Jakarta)


JAWAB
:

Pada umummya, penis yang mengalami ereksi terangkat ke atas, tetapi tidak harus lurus. Artinya, mungkin saja mengarah ke kiri atau ke kanan. Melengkung ke bawah mungkin saja asal tidak berlebihan.

Kalau sampai berlebihan, ini tergolong tidak normal dan akan mengganggu hubungan seksual. Tetapi, sekian lama saya tidak pernah menjumpai gangguan yang seperti ini. Kalau Anda ingin tahu apakah penis Anda yang melengkung itu tergolong normal atau tidak, perhatikan hal berikut.

Pertama, apakah mengalami kesulitan ketika masuk ke vagina. Kedua, apakah terasa sakit ketika melakukan hubungan seksual. Kalau pada kedua hal ini tidak terjadi gangguan, berarti Anda normal.

Silakan berkonsultasi lebih lanjut dan mendapat pemeriksaan untuk memastikan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.