Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Razia Makanan Kedaluwarsa di Carrefour Kramat Jati

Kompas.com - 09/08/2012, 14:40 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Petugas gabungan dari Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), Dinas Perindustrian dan Perdagangan DKI Jakarta, Polda Metro Jaya, serta Suku Dinas Koperasi UMKMP Jakarta Timur melakukan razia barang kedaluwarsa. Razia kali ini dilakukan di pasar swalayan Carrefour, Kramat Jati, Jakarta Timur.

Kepala Seksi Perdagangan Dalam Negeri Suku Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan Jakarta Timur Aceng Supandi menegaskan, razia kali ini dilakukan untuk melindungi konsumen dari peredaran barang-barang tak layak konsumsi. Sebab, kata dia, tiap menjelang hari raya, permintaan akan barang-barang meningkat tajam, sementara produksi barang tetap.

"Kita enggak menuduh ada manipulasi. (Ini) supaya masyarakat terlindungi dari barang-barang yang tidak layak konsumsi," ujarnya di sela-sela berlangsungnya razia, Kamis (9/8/2012).

Razia tersebut dimulai pukul 12.30 WIB. Pihak manajemen pasar swalayan asal Perancis tersebut sempat melarang para pewarta untuk melakukan peliputan atas alasan izin. Namun, akhirnya diperbolehkan setelah melakukan koordinasi dengan petugas razia.

Barang yang pertama kali diperiksa petugas adalah biskuit yang telah dikemas dalam parsel. Petugas hanya memeriksa tanggal kedaluwarsa pada dua parsel dari puluhan yang dijajakan. Tidak ditemukan biskuit kemasan yang melewati tanggal kedaluwarsa.

Selain biskuit yang telah dikemas dalam parsel, petugas melanjutkan razianya ke koridor daging ayam dan ikan. Petugas kembali melihat tanggal pemotongan dan tanggal masa berlaku. Hingga kini, petugas belum menemukan barang-barang yang melewati batas kedaluwarsa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com