ASI Belum Keluar Hingga Menjelang Persalinan

Kompas.com - 10/08/2012, 10:58 WIB
EditorAsep Candra

TANYA :

Dear konselor AIMI, Alhamdulillah saya saat ini sedang hamil anak kedua dengan usia kehamilan 35 minggu. Akan tetapi, saya agak kebingungan dengan kehamilan yang sekarang, pasalnya ASI saya kok belum keluar ya hingga memasuki 35 minggu padahal payudara sudah saya bersihkan, kondisi ini berbeda pada saat saya hamil anak pertama di minggu ke-28 ASI saya sudah mulai menetes tanpa saya payudara dibersihkan. Bagaimana cara mempersiapkan payudara untuk memproduksi ASI agar pada saat melahirkan sudah keluar lancar ya? Terima kasih. 

(Ummi Fatih, 30, Semarang)

JAWAB :
 
Dear Ummi Fatih,

Memang, Air Susu Ibu sudah mulai diproduksi secara kecil (kolostrum) sejak kehamilan trimester kedua, tetapi bukan berarti harus menetes-menetes saat kehamilan.

Nanti, begitu bayi dan berikut plasenta lahir, tubuh tidak lagi menghasilkan hormon kehamilan seperti progesteron. Dan tubuh ibu akan segera meningkatkan produksi ASI dalam 48-72 jam pasca persalinan.

Inisiasi Menyusu Dini (IMD) minimal 1 jam dan dilanjutkan dengan rawat gabung 24 jam membuat payudara terus menerus mendapatkan rangsangan dari hisapan bayi sehingga ASI dapat lancar diproduksi.

Semoga lancar persalinan dan menyusuinya ya ummi :)

Andriana Chaizir, Ketua AIMI Jawa Barat dan Konselor Menyusui.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X