Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/08/2012, 09:35 WIB

KOMPAS.com — Selama kondisi kehamilan dinyatakan sehat, ibu hamil dapat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Dalam penelitian di Lebanon terbukti bahwa berpuasa saat hamil tidak memicu persalinan prematur.

Para peneliti di Lebanon menyimpulkan tidak ada perbedaan signifikan dalam risiko melahirkan sebelum usia kehamilan 37 minggu antara wanita yang berpuasa dan yang tidak berpuasa.

Meski begitu, bayi yang lahir dari ibu yang berpuasa saat Ramadhan rata-rata lebih kecil. Para peneliti menyebutnya sebagai hal yang perlu diwaspadai.

Penelitian yang dimuat dalam BJOG: An International Journal of Obstetrics and Gynaecology itu melibatkan 201 wanita di Beirut, Lebanon, yang sedang memasuki trimester ketiga kehamilan. Kesehatan para wanita itu diikuti selama bulan puasa pada tahun 2008, yakni bulan September. Selain itu, ada pula 201 wanita dari kelompok kontrol yang tidak berpuasa.

Dr Anwar Nassar, yang memimpin studi ini, juga melakukan pencatatan pada usia berapa minggu bayi-bayi itu dilahirkan dan berat badannya.

Sekitar 21 wanita dari kedua kelompok melahirkan sebelum usia 37 minggu yang dianggap sebagai kelahiran prematur.

Tiga wanita dari kelompok yang berpuasa melahirkan sebelum usia kehamilan 32 minggu, dan dibandingkan dengan satu wanita dari kelompok yang tidak berpuasa.

Secara umum, ibu hamil yang berpuasa memiliki bayi sedikit lebih kecil, yakni 3 kilogram, dibanding wanita yang tidak berpuasa yang rata-rata ukuran bayinya 3,2 kilogram.

"Walau hasil studi ini menguatkan pendapat tentang keamanan berpuasa saat hamil, tetapi berat badan bayi memang lebih kecil dibanding wanita yang tak berpuasa," kata Nassar.

Rendahnya berat badan bayi itu, menurut Nassar, mungkin disebabkan karena pertambahan berat badan ibu juga lebih sedikit selama bulan puasa. Mungkin hal tersebut terkait dengan asupan nutrisi dan kalori ketika berpuasa selama 8-10 jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com