Kompas.com - 13/08/2012, 13:13 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Sejak ribuan tahun lalu manusia sudah mengenal meditasi, tetapi baru pada tahun 1970-an para ilmuwan tertarik untuk meneliti manfaatnya bagi otak. Selain mengurangi stres, meditasi secara rutin terbukti meningkatkan fokus dan daya ingat.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa meditasi secara teratur (sekitar 6 jam dalam seminggu) akan mengubah struktur otak.

Para ilmuwan menemukan meditasi terkait erat dengan penebalan pada bagian otak besar (cerebral cortex) dan area abu-abu, bagian otak yang berhubungan dengan memori, belajar, pengambilan keputusan, dan fokus.

Kendati begitu, untuk meningkatkan kemampuan otak tersebut, meditasi tidak perlu dilakukan terlalu lama. Sebuah studi menyebutkan, orang yang bermeditasi seminggu sekali selama empat tahun menunjukkan peningkatan cortical gyrification, yang berfungsi memproses informasi di otak.

Memang belum jelas benar bagaimana meditasi mampu mengubah otak, tetapi ada pendapat yang menyebutkan melakukan pemusatan perhatian secara penuh akan mengubah jaringan saraf pusat.

Selain manfaat yang ditunjukkan lewat hasil pemindaian otak, meditasi telah terbukti membuat seseorang memiliki konsentrasi yang baik serta punya kemampuan mengerjakan beberapa tugas (multitasking).

Meditasi juga terbukti membantu para siswa mengerjakan soal ujian dengan lebih baik, meningkatkan kemampuan akademik, serta membantu seseorang mengatasi berbagai interupsi saat bekerja.

Ada berbagai jenis meditasi, dan sebagian orang merasa lebih mendapatkan manfaat saat melakukan suatu jenis meditasi dibandingkan yang lain. Jadi Anda bisa memilih sendiri tipe meditasi yang dirasa paling nyaman dan mendatangkan ketenangan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.