Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada, Jawa Tengah Rawan Kecelakaan

Kompas.com - 15/08/2012, 17:07 WIB
P. Raditya Mahendra Yasa

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com-Tingginya angka kecelakaan di Jawa Tengah mengharuskan pengendara kendaraan waspada saat mudik melintasi jalur pantai utara dari Kabupaten Brebes hingga Pati, Selasa (15/8/2012).

Jalur pantai utara tersebut menjadi jalur utama pemudik serta menjadi titik lelah bagi pengendara apalagi kendaraan bermotor roda dua.    

Jawa Tengah merupakan salah satu daerah dengan seringnya terjadi kecelakaan. Dari data Polisi Daerah Jawa Tengah periode Januari hingga Agustus 2012 telah terjadi 14.251 kasus kecelakaan. Korban meninggal dunia mencapai 2.181 orang dengan rata-rata terjadi kematian di jalan mencapai 250 orang per bulan.    

Sedangkan korban luka berat sebanyak 2.392 orang dan luka ringan 16.952 orang. Semua wilayah di jalur pantura memiliki tingkat kerawanan yang berlainan dengan jalan yang relatif lebar sehingga pengemudi akan memacu kendaraannya.  

Kepada Bidang Humas Kepolisian Daerah Jawa Tengah Kombes Pol Djihartono mengatakan, dibutuhkan disiplin yang tingga bagi semua pengendara kendaraan. "Kalau memakai motor jangan membawa muatan berlebihan karena hampir semua kecelakaan yang terjadi adalah faktor kelalaian," jelas Djihartono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com