Kompas.com - 16/08/2012, 14:24 WIB
|
EditorFarid Assifa

SEMARANG, KOMPAS.com — Sejumlah pemudik yang mengendarai bajaj sudah mulai tiba di Kota Semarang, Kamis (16/8/2012). Terdapat 8 bajaj yang berangkat bersamaan dari Cempaka Putih pada Rabu (15/8/2012).

Salah satu pemudik yang memakai bajaj, Darto (45), asal Grobogan, mengatakan, mereka merupakan perantauan dari wilayah Purwodadi dan Pati yang sebagian besar memang bekerja sebagai penarik bajaj di Jakarta. Mereka memang merencanakan pulang bersama-sama menggunakan bajaj.

"Ini mudik saya kedua menggunakan bajaj, ya lebih enak. Kalau capek ya berhenti dan beristirahat," ujarnya saat beristirahat tidak jauh dari Terminal Mangkang, Semarang.

Pemudik lain yang mengendarai bajaj, Mulyono, asal Tayu, Pati, mengatakan, mudik menggunakan bajaj lebih murah. Ia memang baru pertama kali menggunakan bajaj sebagai kendaraan mudik. Sebelumnya ia selalu naik bus untuk pulang saat Lebaran. "Biayanya lebih murah, bensinnya hanya habis sekitar Rp 100.000 untuk satu bajaj," ujarnya.

Satu bajaj dinaiki 3 orang dengan sejumlah barang yang dibawa. Ada yang satu bajaj dikendarai satu keluarga, ada juga yang bersama teman-temannya. Ia berencana tahun depan akan mudik menggunakan bajaj lagi.

Berdasarkan pantauan, bajaj tersebut memang tidak datang dengan beriringan. Namun, jarak yang satu dengan yang lain memang tidak terlalu jauh, dengan kecepatan yang cukup lumayan. Ada juga bajaj yang di atasnya diberi bendera Merah Putih serta bendera salah satu partai dan ditempeli stiker salah satu calon pasangan Wali Kota DKI Jakarta.

Selain menggunakan bajaj, pemudik yang mengendarai roda dua dan roda empat mulai memasuki wilayah Kota Semarang. Kepadatan arus lalu lintas terpantau terjadi pada pagi dan sore hari di jalan masuk ke Kota Semarang, serta pusat kota yang sudah semakin macet dengan kendaraan yang sebagian besar bernomor polisi dari luar Kota Semarang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang

    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.