Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/08/2012, 15:37 WIB

KOMPAS.com - Kondisi hormonal tertentu sering memengaruhi kita dalam membuat keputusan, dan pria ternyata tak luput dari kondisi ini. Saat sedang stres, misalnya, mereka cenderung lebih tertarik pada perempuan yang bertubuh montok. Kemungkinan besar, hal ini ada kaitannya dengan rasa tidak aman pada diri pria, sehingga mereka mencari perlindungan dari perempuan yang berpenampilan matang.

Tim peneliti mengungkapkan bukti-bukti dari efek psikologis ini setelah menguji 81 mahasiswa. Satu kelompok sengaja dibuat stres dengan meminta mereka ambil bagian dalam wawancara kerja. Para pria muda ini lalu diminta menilai daya tarik tubuh perempuan melalui foto, dari yang sangat kurus hingga yang mengidap obesitas.

Kelompok yang stres ini secara signifikan memilih tubuh perempuan yang tergolong curvy sebagai yang paling menarik. Mereka memberikan nilai yang lebih tinggi untuk tubuh perempuan yang normal hingga overweight, ketimbang hasil penilaian kelompok non stres. Tipe-tipe perempuan yang mereka anggap menarik juga bergeser ke arah yang lebih gemuk.

"Hasil dari pengujian ini memberikan bukti eksperimental pertama, bahwa mengalami stres psikologis membentuk penilaian pria mengenai ukuran tubuh wanita," papar Dr Viren Swami, dari University of Westminster, London, yang menyusun hasil penelitian ini bersama Martin Tovee dari University of Newcastle.

Temuan yang diterbitkan di jurnal online Public Library of Science ONE ini juga mengungkapkan, pria yang mengalami stres tidak hanya menganggap bahwa ukuran tubuh perempuan yang lebih gemuk itu sangat menarik, tetapi juga memiliki kisaran yang lebih luas mengenai ukuran tubuh yang dianggap menarik secara fisik.

Kesimpulan tim peneliti, ketika menghadapi kondisi yang mengkhawatirkan atau tidak pasti, orang akan tertarik pada sosok dengan karakteristik yang secara fisik lebih matang, termasuk dalam hal ukuran tubuh. Fitur fisik yang lebih matang dikonotasikan dengan sifat-sifat seperti kekuatan, kontrol, dan kemandirian, selama masa-masa ketika sifat-sifat tersebut paling diinginkan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com