Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/08/2012, 09:35 WIB

KOMPAS.com - Berbahagialah Anda yang sejak usia muda menyenangi kegiatan berkebun serta melakukan pekerjaan rumah sendiri. Kegiatan fisik ringan ini dapat menangkal masalah jantung di kemudian hari. Pekerjaan rumah tangga dan berkebun bila dikerjakan setengah sampai satu jam dalam seminggu membantu Anda yang berusia 50 tahunan dari penyakit jantung.

Sebuah penelitian yang telah dipublikasikan dalam jurnal Circulation ini menemukan mereka yang melakukan dua kegiatan tersebut di atas, juga olahraga ringan seperti jalan cepat dan bersepeda selama satu dekade memiliki jantung yang lebih sehat.

Dr Mark Hamer, profesor Epidemiologi dan Kesehatan Masyarakat di University College London (UCL) mengatakan, ini bukan semata-mata olahraga berat atau olahraga penting.  Kegiatan ringan di waktu senggang merupakan latihan intens yang baik untuk kesehatan.

"Penting bagi orang paruh baya untuk beraktivitas fisik karena memberi kontribusi pada masa penuaan," katanya.

Penelitian yang dilakukan 11 tahun lalu dengan 4.200 responden usia sekitar 49 tahun, menemukan mereka yang lebih aktif memiliki tingkat peradangan lebih rendah. Hasil ini penting karena menjelaskan hubungan antara aktivitas fisik dan penurunan resiko penyakit jantung.

Orang-orang yang diuntungkan dari penelitian ini adalah mereka yang tetap aktif secara fisik. Hasil penelitian ini dapat mendorong orang paruh baya merubah gaya hidupnya, meski di masa muda mereka jarang berkegiatan atau berolahraga ringan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com