Kompas.com - 17/08/2012, 09:35 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Berbahagialah Anda yang sejak usia muda menyenangi kegiatan berkebun serta melakukan pekerjaan rumah sendiri. Kegiatan fisik ringan ini dapat menangkal masalah jantung di kemudian hari. Pekerjaan rumah tangga dan berkebun bila dikerjakan setengah sampai satu jam dalam seminggu membantu Anda yang berusia 50 tahunan dari penyakit jantung.

Sebuah penelitian yang telah dipublikasikan dalam jurnal Circulation ini menemukan mereka yang melakukan dua kegiatan tersebut di atas, juga olahraga ringan seperti jalan cepat dan bersepeda selama satu dekade memiliki jantung yang lebih sehat.

Dr Mark Hamer, profesor Epidemiologi dan Kesehatan Masyarakat di University College London (UCL) mengatakan, ini bukan semata-mata olahraga berat atau olahraga penting.  Kegiatan ringan di waktu senggang merupakan latihan intens yang baik untuk kesehatan.

"Penting bagi orang paruh baya untuk beraktivitas fisik karena memberi kontribusi pada masa penuaan," katanya.

Penelitian yang dilakukan 11 tahun lalu dengan 4.200 responden usia sekitar 49 tahun, menemukan mereka yang lebih aktif memiliki tingkat peradangan lebih rendah. Hasil ini penting karena menjelaskan hubungan antara aktivitas fisik dan penurunan resiko penyakit jantung.

Orang-orang yang diuntungkan dari penelitian ini adalah mereka yang tetap aktif secara fisik. Hasil penelitian ini dapat mendorong orang paruh baya merubah gaya hidupnya, meski di masa muda mereka jarang berkegiatan atau berolahraga ringan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.