Kompas.com - 17/08/2012, 12:18 WIB
EditorLusia Kus Anna

Pertanyaan :

Dokter, Setiap saya tidur kata istri saya ngorok keras sampai kedengan diluar, kadang-kadang salah malu sendiri kalau sedang pepergian nginap dirumah saudara/orang pasti ngoroknya keras/kuat, apalagi kalau kecapean tambah kuat ngorok. Bagaimana mengatasi yang satu ini susah benar. Makasih

(M Harsono, 46 tahun, Cilegon, muhammad.harsono@gmail.com)


Jawaban :

Bapak Harsono, belum bisa diketahui penyebab mendengkur yang Bapak alami.  Bisa saja karena anatomi bentuk wajah, amandel dan obesitas.  Adanya obesitas atau tidaknya perlu diketahui data mengenai berapa tinggi dan berat badan Bapak. 

Obesitas menjadikan seseorang menjadi mudah lelah dan mendengkur saat tidur selain itu juga mempengaruhi anatomi tubuh yaitu leher menjadi lebih pendek.  

Namun belum bisa disimpulkan dari keterangan yang Bapak berikan, untuk mengetahui lebih jelas faktor penyebab dan tingkat mendengkur yang Bapak alami, sebaiknya Bapak melakukan konsultasi ke dokter THT atau tim dokter Sleep Clinic RSPB.

Dijawab oleh : dr. Rebeka Harjati Hadipradja

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.