Kompas.com - 23/08/2012, 14:53 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Diet ketat kerap dilakukan perempuan agar terlihat langsing dalam waktu yang singkat. Sayang, belum banyak orang mengakui bahwa diet yang mereka lakukan sudah termasuk berlebihan. Jika Anda kehilangan bobot tubuh lebih dari 1,4 kg per hari, hal ini berarti program diet Anda berjalan terlalu cepat. Di satu sisi menurunkan berat badan agar terhindar dari gangguan kesehatan adalah hal yang baik, namun mencapai bobot ideal terlalu cepat juga tergolong tidak sehat. Anda bisa mengalami efek negatif dari penurunan berat badan yang terlalu cepat seperti berikut:

1. Kekurangan kalori
Sebagian besar orang yang berat badannya turun terlalu cepat biasanya sangat menahan nafsu makannya. Mereka hanya makan dalam jumlah yang sedikit, atau bahkan berpuasa. Akibatnya, mereka tidak mendapatkan cukup kalori untuk beraktivitas. Selain itu, Anda juga mudah merasa pusing dan lemah. Oleh karena itu, saat menjalankan diet, pilih metode diet yang dapat memenuhi asupan kalori harian Anda dengan tepat.

2. Kurang nutrisi
Untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiran, Anda membutuhkan berbagai nutrisi seperti karbohidrat, lemak, vitamin, mineral, dan protein dalam porsi yang tepat. Namun, ketika menjalankan skema diet instan, ini sama saja dengan memotong asupan nutrisi tubuh karena Anda tidak mendapatkannya dalam jumlah yang tepat. Hal ini bisa menyebabkan kekurangan gizi dan nutrisi yang berpengaruh pada gangguan kesehatan seperti anemia. Sistem kekebalan tubuh Anda bisa melemah, dan akhirnya meningkatkan risiko penyakit yang serius seperti kanker.

3. Gangguan otot
Penurunan berat badan yang terlalu cepat akan merusak jaringan otot Anda. Ketika diet, seringkali Anda tidak sadar bahwa timbunan lemak lah yang harus dikurangi, dan bukannya otot. Namun, diet ketat menurunkan bobot tubuh dengan cepat karena membakar otot-otot tubuh, bukan lemak. Akibatnya, pembakaran otot ini membuat tubuh kehilangan mineral penting seperti kalsium, kalium, dan natrium. Hal ini juga akan menyebabkan masalah kesehatan yang parah.

4. Berat badan kembali lagi

Salah satu sisi negatif dari diet ketat adalah, hasilnya hanya bertahan dalam waktu singkat. Setelah beberapa periode tertentu, tubuh akan membakar kalori lebih sedikit setiap harinya. Akibatnya semua makanan yang Anda konsumsi tidak akan terbakar sepenuhnya, dan membuat bobot tubuh Anda kembali naik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.