Kompas.com - 26/08/2012, 11:56 WIB
|
Editorkadek

KOMPAS.com - Emas identik dengan perhiasan. Lalu bagaimana dengan cupcake emas? Di Dubai, Uni Emirat Arab, kafe Bloomsburys menjual Golden Phoenixe Cupcake yang terbuat dari lembaran emas 23 karat yang bisa dimakan.

Berani coba? Maka siapkan uang sebesar 3.676 dirham atau sekitar Rp 9,4 juta. Seperti dalam daftar "Makanan Termahal di Dunia" yang dikeluarkan BBC Travel, cupcake emas tersebut disebut-sebut sebagai cupcake termahal di dunia. Selain lembaran emas, cupcake itu juga berisi buah stoberi organik dan bubuk emas yang bisa dimakan.

Masih di Dubai, minuman yang terkanal di hotel Burj Al Arab masuk dalam daftar "Makanan Termahal di Dunia". Nama cocktail itu adalah "27.321". Berapa harganya? Bersiaplah untuk terbelalak. Sesuai namanya, harga minuman itu adalah 27.321 dirham atau sekitar Rp 70,5 juta.

Nama itu juga tak sekedar menunjukan harganya, namun dinamai berdasarkan lantai hotel tempat minuman itu disuguhkan yaitu lantai 27 dan tinggi hotel tersebut yaitu 321 meter. Minuman ini adalah hasil campuran Macallan Single Malt Scotch, whisky Skotlandia berumur 55 tahun serta disuguhkan di gelas emas 18 karat.

Masih dalam daftar yang sama, Serendipity 3 yang berlokasi di New York, Amerika Serikat, memiliki hidangan manis yang bertajuk Frrrozen Haute Chocolate.

Harganya antara 18.713 dolar AS atau sekitar Rp 177,5 juta. Makanan ini mengandung 28 jenis cokelat dan juga disuguhkan di gelang penuh emas 18 karat dan berlian. Restoran ini juga memiliki es krim sundae termahal di dunia yang bahkan masuk dalam rekor dunia.

Di restoran tersebut juga menyajikan menu hidangan utama yang mahal. Menu Le Burger Extravagant terbuat dari daging sapi wagyu Jepang dengan mentega dari jamur truffle putih yang memang terkenal mahal.

Tambahan lagi isian jamur truffle hitam dan kaviar. Lalu di atasnya, burger ditusuk oleh tusuk gigi yang ujungnya terbuat dari berlian. Bisa jadi ini burger termahal di dunia dengan harga 293 dolar AS atau Rp  2,7 juta.

Nah, berikutnya adalah nigiri sushi yang dibungkus dengan daun emas 24 karat serta berlian 0,20 karat dari Afrika. Sushi ini diberi nama Sushi Del Oriente dan dibuat oleh koki selebriti Angelito Araneta Jr dari perusahaan gastronomi bernama Karat Chef.

Menu ini spesial dibuat untuk seorang pebisnis asal Jepang yang tinggal di Manila, Filipina. Harganya "hanya" 85.727,59 peso Filipina atau sekitar Rp 19, 2 juta.

Di London, ada menu yang tak kalah mahalnya. Sup yang bernama Buddha Jumps Over the Wall dibandrol dengan harga 108 poundsterling atau sekitar Rp.

Menu sup ini dijual di restoran yang menyajikan kuliner-kuliner China bernama Kai Mayfair. Isi sup terdiri dari sirip hiu, abalon, bunga jamur dari Jepang, teripang, ayam, ham Hunan, simping kering, daging babi, dan jahe.
 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.