Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebaran, 17 Orang Tewas di Pantura Kendal

Kompas.com - 26/08/2012, 16:35 WIB
Kontributor Kendal, Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL, KOMPAS.com -- Sebanyak 17 orang tewas karena kecelakaan lalu lintas di Jalan Pantai Utara (Pantura) Kendal, Jawa Tengah, selama Lebaran mulai H-7 hingga Minggu (26/8/2012).

Di Jalan Pantura tercatat 59 kali kecelakaan selama itu. Kecelakaan paling banyak terjadi pada sepeda motor yang mencapai 33 kali. Sedang kecelakaan mobil penumpang 10 kali, mobil barang 8 kali, bus 5 kali, pejalan kaki 2 kali dan sepeda kayuh 1 kali. Kecelakaan yang terjadi antara jam 06.00 WIB hingga 18.00 WIB sebanyak 13 kejadian, dan pukul 18.00 WIB hingga 06.00 WIB 14 kejadian.

"Kecelakaan didominiasi oleh kendaraan sepeda motor," kata Kasubag Humas Polres Kendal AKP Suratno, Minggu (26/8/2012).

Suratno menjelaskan, kecelakaan yang membawa banyak korban terjadi di jalan Lingkar Kaliwungu pada Sabtu dini hari (18/8/2012), antara bus Garuda Mas dengan L 300. Dalam kecelakaan tersebut, 6 orang meninggal dunia. Sebanyak 4 orang meninggal di tempat kejadian dan 2 lainnya di rumah sakit. Penyebab kecelakaan sendiri paling banyak didominasi kelelahan dan sopir yang mengantuk.

Untuk mencegah sopir mengantuk sekaligus menyambut HUT Ke-64 Polwan yang jatuh pada 1 September nanti, Polres Kendal bagi-bagi minuman kopi gratis kepada pemudik yang mau pulang ke daerahnya dan lewat via Pantura Kendal, di jalan Lingkar Kaliwungu. Tujuannya agar peengemudi tidak mengantuk. Sebab salah satu penyebb kecelakaan adalah sopir mengantuk. "Kalau capek ya, harus istirahat," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com