Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Naik, Jumlah Korban Tewas Saat Arus Mudik di Cirebon

Kompas.com - 27/08/2012, 11:23 WIB
S Jumar Sudiyana, Wartawan Radio Sonora

Penulis

CIREBON,KOMPAS.com - Kepolisian Resor Cirebon mencatat, selama pelaksanaan Operasi Lodaya 2012 angka kecelakaan di wilayah tersebut mengalami kenaikan signifikan dibanding dengan tahun 2011.

Kepala Polres Cirebon AKBP Hero Bachtiar mengatakan sepanjang H-7 hingga H+7 arus mudik dan arus balik lebaran tahun 2012, jumlah korban meninggal dunia di Wilayah Hukum Polres Cirebon, Jawa Barat tercatat enam orang. Meningkat cukup tajam dibandingkan jumlah korban meninggal dunia tahun sebelumnya yang berjumlah dua orang.

"Analisa kami, angka kecelakaan tahun ini meningkat, di mana pada tahun ini korban meninggal dunia 6 orang lebih besar dibanding tahun lalu hanya 2 orang," ujarnya, Senin (27/8/2012) dinihari.

Hero Bactiar menambahkan, sebagian besar korban meninggal dunia pada arus mudik dan balik lebaran tahun ini masih didominasi pemudik dengan kendaraan roda dua. 

"Kami imbau bagi pemudik motor di tahun-tahun berikutnya untuk benar-benar menyiapkan stamina dan jangan memaksakan untuk tetap mengendara," tambah Hero.

Hero juga mengatakan, naiknya angka kecelakan di Wilayah Hukum Polres Cirebon karena sepanjang Jalur Susukan - Jenun, Arjawinangun merupakan jalur panjang dan lurus ditambah minimnya PJU (Penerangan Jalan Umum) dan marka jalan. Pada arus mudik dan arus balik tahun 2013 yang akan datang pihaknya berjanji akan menambah rambu-rambu lalulintas untuk mencegah angka kecelakaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com