Kompas.com - 27/08/2012, 12:44 WIB
EditorHesti Pratiwi

KOMPAS.com - Timbulnya jerawat ini dianggap bisa mempengaruhi penampilan dan kepercayaan diri sesorang. Ternyata banyak sekali penyebab timbulnya jerawat. Selama ini kita sering mendengar bahwa hormon, bakteri serta program diet yang tak seimbang penyebab timbulnya jerawat. Sebenaarnya ada beberapa hal tak Anda duga bisa  menyebabkan jerawat timbul.

1. Ponsel
Suka mengobrol lama di telepon? Sadarkah Anda, bahwa salah satu hasil dari bergosip lama di telepon akan menghasilkan jerawat di wajah. Menelepon dalam waktu yang lama akan membuat kulit pipi Anda mengeluarkan minyak berlebihan. Ketika minyak kulit ini bercampur dengan bakteri di ponsel akan menyebabkan timbulnya jerawat di bagian pipi. Untuk mencegahnya, biasakan selalu membersihkan ponsel Anda dengan tisu setelah menggunakannya.

2. 'Traveling'
Traveling merupakan salah satu penyebab timbulnya jerawat. Hal ini disebabkan karena adanya perubahan iklim, kondisi air, dan makanan yang disantap. Jika sering bepergian dengan pesawat, maka Anda akan sering berada di lingkungan yang punya kelembapan yang rendah. Ini akan menyebabkan sekresi minyak berlebih dari kelenjar minyak, dan menyebabkan timbulnya jerawat.

3. Perawatan rambut

Berbagai produk rambut yang lengket dan berminyak sangat berbahaya untuk kulit wajah. Produk ini akan mulai bereaksi dengan kulit ketika Anda tertidur. Partikel produk rambut ini akan menutup pori-pori kulit dan menimbulkan jerawat. Solusinya, pilihlah rangkaian produk yang bebas minyak dan menggunakan bahan alami sehingga tidak berbahaya untuk kulit. Selain itu, gaya rambut seperti poni, juga mempengaruhi timbulnya jerawat.

4. Menggosok wajah dengan tangan

Ini adalah hal yang paling sering dilakukan banyak orang.Padahal ini sangat berbahaya untuk wajah, karena tangan memiliki banyak kuman. Ketika menyentuhkan tangan ke wajah, bakteri dan kuman akan menempel ke wajah dan bereaksi menyebabkan timbulnya jerawat.

5. Memeluk
Memeluk atau dipeluk seseorang yang Anda sayang pasti menyenangkan. Namun berhati-hatilah karena mungkin saja gel rambut, losion, atau parfum yang digunakannya bisa menempel di kulit Anda. Yang paling berbahaya adalah saat ia menggunakan produk yang mengandung minyak. Agar lebih aman sarankan pasangan untuk menggunakan produk yang oil-free agar tak membuat Anda dan dia berjerawat.

6. Air

Jika Air yang digunakan adalah air yang kotor atau banyak mengandung bahan kimia, maka air ini akan meninggalkan residu kimia di wajah dan mengarah pada pembentukan jerawat.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.