Kompas.com - 27/08/2012, 15:18 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Gula darah yang berlebihan di dalam darah (hiperglikemi) bisa merusak berbagai organ tubuh utama, termasuk jantung, saraf, mata, hingga ginjal. Komplikasi diabetes berkembang perlahan dan terkadang disertai gejala dini.

Memantau kadar gula darah secara teratur adalah salah satu syarat utama untuk mempertahankannya dalam batasan yang tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah. Setelah melakukan tes darah, catatlah dalam buku. Informasi tersebut dapat membantu dokter dalam menelusuri berbagai faktor yang memengaruhi kadar glukosa Anda.

Berikut adalah beberapa jenis komplikasi yang bisa dihindari dengan pemantauan gula darah mandiri secara teratur:

- Penyakit kardiovaskular dan stroke

Penyakit kardiovaskular adalah salah satu komplikasi diabetes yang paling sering ditemui yang akan memicu serangan jantung, stroke, angina dan penyakit jantung koroner. Sekitar 65 persen penderita diabetes meninggal karena penyakit kardiovaskular dan stroke. Orang dewasa penderita diabetes juga empat kali lebih beresiko menderita penyakit jantung dan stroke.

- Hipertensi

Orang dengan diabetes juga beresiko tinggi menderita tekanan darah tinggi yang akan meningkatkan risiko serangan jantung, stroke, penyakit ginjal, dan gangguan mata.

- Penyakit ginjal

Ginjal bertugas menyaring "sampah" dari darah. Semakin lama menderita diabetes, semakin besar risiko terkena kerusakan ginjal. Jika Anda menderita diabetes, dokter kemungkinan secara teratur akan memeriksa protein air seni untuk mendeteksi adanya kerusakan ginjal.

- Kerusakan saraf

Kerusakan saraf (neuropati) merupakan komplikasi diabetes jangka panjang yang sering terjadi. Diabetes neuropati bisa menyebabkan gangguan di seluruh tubuh, mulai dari saraf yang mengontrol penglihatan, pendengaran, hingga perasa. Bisa juga terjadi gangguan aliran darah ke kaki serta organ intim.

- Kerusakan penglihatan

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.