Kompas.com - 30/08/2012, 13:42 WIB
EditorAsep Candra

KOMPAS.com - Pasca melahirkan, mengharapkan tubuh kembali langsing seperti sebelum hamil boleh saja. Tetapi program pelangsingan harus dilakukan secara sehat dan tidak terburu-buru, apalagi jika Anda masih dalam masa menyusui.

Para ahli merekomendasikan proses pelangsingan yang aman adalah 10 bulan hingga satu tahun. Penurunan berat badan secara bertahap, mengurangi asupan makanan berlemak, dan olahraga secara moderat sangat penting.

Berhati-hatilah terhadap maraknya penawaran program pelangsingan secara instan. Penurunan berat badan terlalu cepat akan melepaskan toksin (PCB dan pestisida) yang selama ini tersimpan dalam lemak tubuh di peredaran darah. Pelepasan toksin tersebut bisa mengurangi produksi ASI.

Jangan berpikir Anda harus mengganti ASI dengan susu formula supaya Anda kembali langsing. Malah, menyusui akan membuat Anda lebih mudah menurunkan berat badan karena tubuh memakai cadangan energi di lemak untuk memproduksi ASI.

Kelebihan berat badan selama kehamilan akan berkurang secara alami jika Anda sering menyusui dan selalu mengonsumsi makanan sehat dan seimbang. Olahraga ringan yang dilakukan teratur, misalnya berjalan kaki sambil mengajak si kecil, sangat membantu.

Tetapi perlu diingat, cepat tidaknya Anda kembali langsing juga tergantung pada berat badan Anda sebelum hamil. Wanita yang sudah obesitas sebelum hamil atau setelah melahirkan, mungkin membutuhkan upaya lebih untuk menurunkan berat badan.

Untuk wanita yang termasuk obesitas, olahraga tidak disarankan secara berlebihan karena akan mengurangi produksi ASI. Lakukan pembatasan kalori secara seimbang dan konsultasikan dengan dokter supaya upaya penurunan berat badan Anda dilakukan secara sehat dan tepat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.