Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/09/2012, 21:54 WIB

TANYA :

Dok saya pernah menonton film yang menceritakan tentang penyakit skizofrenia. Kemudian saya juga browsing dan dalam literatur disebutkan bahwa penderitanya seringkali berhalusinasi dan lain-lain.  Yang ingin saya ungkapkan, saya ini orangnya tertutup dan apabila diajak berkomunikasi secara langsung susah fokus.  Tetapi saya merasa pendengaran saya berfungsi dengan baik, dan yang lebih parah saya suka berimajinasi sampai-sampai tidak kenal waktu. Itu saya lakukan sejaki usia 5 tahun (dan itu terjadi karena pengaruh lingkungan dan keluarga). Saya sudah berusaha untuk mengurangi kebiasaan ini tapi selalu gagal. Beberapa tahun sebelum ayah meninggal, dia selalu berhalusinasi.  Dengan mempertimbangkan fakta-fakta itu, apakah saya berpotensi atau sudah terkena penyakit skizofrenia?Terimakasih.

(Liza, 23, Surabaya)


JAWAB :

Liza yang baik,

Halusinasi memang merupakan salah satu tanda gejala yang signifikan untuk gangguan jiwa skizofrenia, tetapi halusinasi bukan hanya selalu disebabkan oleh skizofrenia. Sebelumnya kita perlu tahu dulu apa itu halusinasi. Halusinasi adalah gangguan persepsi yang bisa berupa pendengaran (auditorik), penglihatan (visual) dan perabaan (taktil).

Paling sering yang terjadi pada pasien skizofrenia adalah halusinasi dengar misalnya ada suara orang yang berbincang-bincang di telinganya, atau ada bisikan orang yang menyuruh-nyuruh dirinya. Hal ini sering jika dalam kondisi yang sudah parah tidak disadari oleh si penderitanya. Imajinasi yang masih terkontrol dan dipahami memang sebagai imajinasi oleh individu tersebut tidak bisa dimasukkan ke dalam kondisi gejala gangguan jiwa.

Jika imajinasi itu sudah mampu melewati batas antara nyata dan tidak nyata maka ini yang perlu dicurigai. Ayah Liza berhalusinasi bisa disebabkan banyak hal. Gangguan di otak seperti trauma kepala akibat kecelakaan, tumor di otak, gangguan infeksi di otak atau di tubuh juga bisa mengakibatkan gejala halusinasi. Apalagi jika sebelumnya tidak pernah ada riwayat gangguan jiwa maka kemungkinkan halusinasi ini akibat kondisi medis umum. Anda bisa berkonsultasi lebih lanjut ke psikiater jika masih mengalami keraguan. Saran saya kuncinya adalah kesadaran diri.

Salam Sehat Jiwa

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com