Kompas.com - 03/09/2012, 14:14 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Minyak kelapa ternyata tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk memasak tapi juga melindungi kesehatan gigi. Bahan aktif dalam minyak kelapa diketahui mampu melawan bakteri penyebab gigi berlubang.

Gigi berlubang (karies) terjadi karena beberapa faktor, yaitu pertumbuhan bakteri, gula dalam makanan, dan permukaan gigi yang rentan. Bakteri Streptokokus mutan (bakteri yang menjadikan gula di mulut sebagai makanannya) akan mengubah gula yang menempel menjadi asam.

Nah, ketika minyak kelapa bersenyawa dengan enzim pencernaan bersenyawa, akan dihasilkan pembunuh bakteri yang kuat. Karena itu para ahli kini berusaha mengembangkan pasta gigi dan obat kumur yang mengandung kelapa sebagai bahan aktifnya.

"Menggabungkan enzim minyak kelapa yang dimodifikasi menjadi produk perawatan gigi merupakan hal menarik sebagai alternatif zat kimia tambahan. Apalagi karena enzim tersebut bekerja dalam konsentrasi yang rendah," kata Dr.Damien Brady, dari Athlone Institute of Technology, Irlandia.

Ia menambahkan, hasil penelitian ini menjadi penting karena kini semakin banyak masalah bakteri yang kebal obat karena penggunaan antibiotik yang berlebihan.

Penelitian yang dilakukan Brady terinspriasi dari penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa sebagian susu yang dicerna membuat S.mutan lebih sedikit yang menempel ke enamel gigi. "Produksi pencernaan manusia ternyata menunjukkan aktivitas antimikroba," katanya.

Hal itu juga menunjukkan bahwa koloni bakteri dalam permukaan sel saluran cerna bermanfaat untuk kesehatan usus.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.