Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/09/2012, 08:03 WIB

TANYA :

Dok, gigi geraham bawah saya berlubang keduanya. Kondisinya sudah sangat lebar, bahkan di sisi kanan tinggal ada separuh gigi yang tertinggal. Pertanyaan saya, apakah gusi saya sering berdarah disebabkan oleh gigi yang berlubang tadi? Saya sering mengeluarkan ludah yang berwarna darah, apakah itu berasal dari gusi atau bagian mulut yang lain? Berbahayakah? Mohon Jawabanya terima kasih.

(Riyadi, 31, Jakarta)


JAWAB :

Bapak Riyadi yang baik,

Pada kasus anda, kemungkinan perdarahannya berasal dari lubang gigi anda. Bakteri yang terdapat pada gigi yang berlubang akan menghasilkan toksin (racun), yang lama kelamaan akan menyebar keseluruh pembuluh darah dan saraf pada gigi. Hal inilah yang akan menyebabkan peradangan.

Toksin yang menyebar begitu cepat dan ketahanan tubuh anda tidak mampu mentolerir, sehingga menyebabkan peradangan pada ruang pembuluh darah dan saraf gigi anda. Efeknya adalah terjadi perdarahan. Biasanya jika makanan masuk ke dalam lubang tersebut juga menimbulkan rasa nyeri.

Jika anda ingin mengetahui lebih dalam mengenai peradarahan pada gigi, anda dapat membuka jawaban konsultasi pada tanggal 4 Juli 2012 dengan judul Kenapa Gigi Sering Berdarah Tanpa Sebab?, sebagai referensi tambahan.

Kejadian ini tentu saja akan menjadi berbahaya jika didiamkan. Sebab tubuh anda akan terus memberikan reaksi pertahanan bagi bakteri yang masuk melalui lubang gigi anda. Setelah menyerang pembuluh dan saraf pada saluran akar gigi anda, lama-kelamaan bakteri dapat keluar melalui ujung akar gigi anda.

Efek samping yang akan terjadi pada gigi anda (dalam jangka waktu yang lama) adalah terbentuknya Abses periapeks (kumpulan nanah yang terlokalisir di bawah akar gigi) dan bahkan kista periapeks gigi (kumpulan nanah yang terlokalisir di bawah akar gigi dengan diameter yang lebih besar).

Sebaiknya anda segera melakukan pemeriksaan di Dokter Gigi langganan anda. Jika ternyata benar perdarahannya berasal dari gigi anda yang berlubang, maka anda akan mendapatkan perawatan saluran akar. Jika bukan dari gigi yang berlubang, kemungkinannya berasal dari gusi anda yang mungkin saja meradang.

Demikian Bapak Riyadi, semoga membantu.

Salam gigi sehat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com