Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/09/2012, 10:56 WIB

T:
Bu Ainy, saya mau tanya nih. Saya lagi kehilangan semangat dalam bekerja. Sebenarnya saya baru saja mendapatkan promosi jabatan. Hanya saja posisi ini justru membuat saya bosan. Ingin sih pindah ke posisi lain, tetapi apa kata atasan saya? Jadi apa yang harus saya lakukan, ya Bu? Mohon solusinya. Terima kasih Ibu Ainy. (Kiki, 26 tahun)

J:
Mbak Kiki yang budiman,
Selamat ya atas promosi jabatan yang Anda dapatkan. Ini semua berkat kerja keras dan kebaikan yang Anda berikan melalui pekerjaan Anda selama ini, bukan?

Rasa bosan Anda pada jabatan baru ini bisa disebabkan oleh beberapa hal. Pertama job description atau lingkup pekerjaan yang belum jelas. Artinya, Anda belum mengetahui dengan jelas tentang apa saja yang menjadi tanggung-jawab Anda. Jika ini penyebabnya, sebaiknya Anda duduk bersama atasan Anda, mendiskusikan serta menulis tugas dan tanggung-jawab Anda di posisi ini.

Kedua, karena jenis pekerjaannya yang kurang Anda sukai. Nah, jika ini penyebabnya, Anda perlu berdamai dengan diri Anda sendiri. Hal yang perlu kita sepakati di sini adalah bahwa jabatan adalah kesempatan kita untuk memberikan yang terbaik dan bermanfaat kepada banyak orang. Sekali kita menyepakati hal ini, maka apa pun pekerjaan atau posisi yang kita dapatkan, kita akan melakukannya dengan kesungguhan hati dan bahagia.

Ketiga, Anda merasa posisi Anda saat ini tidak spektakuler. Artinya Anda merasa apa yang Anda lakukan saat ini adalah biasa-biasa saja. Anda merasa tidak ada yang luar biasa dari pekerjaan Anda sekarang. Jika ini yang Anda rasakan, maka hal yang perlu kita sepakati di sini bahwa kita layak disebut sebagai karyawan atau atasan yang luar biasa ketika kita melakukan yang terbaik di setiap pekerjaan.

Bayangkan wajah orang-orang tersenyum bahagia saat mendapatkan manfaat dari pekerjaan kita yang kita lakukan dengan kesungguhan hati dan penuh cinta. Indah, bukan?

Keempat, menjaga amanah dan penuh syukur. Artinya? Apa pun jabatan yang kita emban,  posisi apa pun diri kita saat ini, lakukanlah dengan penuh kesungguhan hati. Dan syukuri dengan penuh arti. Bukan justru meminta pindah ke tempat lain, karena ini akan membuat diri kita nampak tidak profesional.

Pastikan bahwa setiap pekerjaan yang kita lakukan adalah bermanfaat, baik untuk diri kita, keluarga, dan orang lain. Hal inilah yang akan menunjukkan siapa diri kita yang sebenarnya. Bukankah kita pribadi yang penuh semangat dan pandai bersyukur? Selamat bekerja dengan penuh semangat, ya!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com