Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/09/2012, 13:53 WIB

Kompas.com - Banyak nasehat dan pantangan yang disampaikan kepada ibu hamil demi kesehatan ibu dan janin, salah satunya larangan untuk mengangkat beban. Saat berbadan dua Anda memang harus lebih hati-hati saat mengangkat barang.

Selama kehamilan ligamen menjadi lebih goyang dan persendian menjadi kurang stabil, sehingga lebih mudah cedera. Membesarnya perut dan perubahan pusat gravitas menjadi ke depan, serta tekanan di bagian punggung bawah akan meningkat sehingga Anda lebih mudah keseleo.

Perubahan pusat gravitas juga menyebabkan berkurangnya keseimbangan sehingga risiko terjatuh menjadi besar. Padahal terjatuh adalah hal yang wajib dihindari ibu hamil karena bisa berakibat fatal karena bisa menyebabkan kelahiran prematur atau terlepasnya plasenta.

Karena itulah ibu hamil harus memperhatikan postur tubuhnya dan hindari mengerahkan tenaga secara berlebihan. Lebih baik mintalah bantuan orang lain jika Anda ingin mengangkat barang yang cukup berat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com