Kompas.com - 11/09/2012, 10:37 WIB
EditorAsep Candra

TANYA :

Dokter, Saya ingin  bertanya. Saya, sering sekali mengalami sakit perut dan kadang merasa mual ketika saya sedang memikiran sesuatu maupun saat stres.  Saya telah mencoba datang ke dokter untuk mengonsultasikannya, dan menurut dokter saya tidak apa apa. Kemudian, pihak kedokteran meminta saya melakukan test di laboratorium. Dari hasil lab menyatakan, saya menderita usus buntu dan psikosomatis. Apakah dua masalah ini berkaitan? Dan apa yang harus saya lakukan untuk menyembuhkan penyakit psikosomatis?

(Novi, 19, Surabaya)


JAWAB :

Gangguan psikosomatis memang sangat sering dialami sebagai suatu gangguan perut. Rasa tidak nyaman, kembung, seperti terbakar atau merasa sulit buang air besar adalah beberapa gejala yang sering timbul.

Saya agak bertanya tentang apa yang diperiksa di laboratorium sehingga bisa mengeluarkan diagnosis usus buntu dan psikosomatik, terus terang ini agak membingungkan karena selama ini biasanya diagnosis usus buntu dapat ditegakkan dengan pemeriksaan USG atau apendikogram.

Jika pemeriksaan fisik, laboratorium ataupun penunjang lain tidak menunjukkan hasil yang signfikan untuk gejala yang dialami, maka gejala psikosomatik mungkin yang dirasakan. Untuk itu, anda harus berkunjung ke psikiater yang memahami tentang bagaimana menyembuhkan psikosomatik. Semoga bermanfaat. Salam Sehat Jiwa

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.