Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/09/2012, 10:37 WIB

TANYA :

Dokter, Saya ingin  bertanya. Saya, sering sekali mengalami sakit perut dan kadang merasa mual ketika saya sedang memikiran sesuatu maupun saat stres.  Saya telah mencoba datang ke dokter untuk mengonsultasikannya, dan menurut dokter saya tidak apa apa. Kemudian, pihak kedokteran meminta saya melakukan test di laboratorium. Dari hasil lab menyatakan, saya menderita usus buntu dan psikosomatis. Apakah dua masalah ini berkaitan? Dan apa yang harus saya lakukan untuk menyembuhkan penyakit psikosomatis?

(Novi, 19, Surabaya)


JAWAB :

Gangguan psikosomatis memang sangat sering dialami sebagai suatu gangguan perut. Rasa tidak nyaman, kembung, seperti terbakar atau merasa sulit buang air besar adalah beberapa gejala yang sering timbul.

Saya agak bertanya tentang apa yang diperiksa di laboratorium sehingga bisa mengeluarkan diagnosis usus buntu dan psikosomatik, terus terang ini agak membingungkan karena selama ini biasanya diagnosis usus buntu dapat ditegakkan dengan pemeriksaan USG atau apendikogram.

Jika pemeriksaan fisik, laboratorium ataupun penunjang lain tidak menunjukkan hasil yang signfikan untuk gejala yang dialami, maka gejala psikosomatik mungkin yang dirasakan. Untuk itu, anda harus berkunjung ke psikiater yang memahami tentang bagaimana menyembuhkan psikosomatik. Semoga bermanfaat. Salam Sehat Jiwa

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com