Kompas.com - 14/09/2012, 09:27 WIB
EditorLusia Kus Anna


TANYA:
 
Ass. dr Achmad yang terhormat. Saya sudah mengalami 3x kuretase karena keguguran ( periode 1996 - 1999). Sekarang saya sudah punya 2 anak. Pada tahun 2007 saya hamil diluar kandungan ( di tubapalopi ) sehingga harus operasi dan langsung ambil tindakan steril. Tahun 2011 saya harus kuretase lagi karena penebalan dinding rahim dan pada  sept 2012 saya mengalami kembali penebalan dinding rahim.  Yang ingin saya tanyakan, amankah atau adakah efek lain jika terlalu sering dikuret? Terima kasih
 
Elvi (41), Bandung


JAWAB:

Bu Elvi Yth, ada dua kategori kuret pada kasus ibu. Kategori pertama adalah kuret karena keguguran dan saya rasa itu sudah tidak ada masalah. Kategori kedua adalah kuret karena penebalan rahim, ini justru harus mendapat perhatian yang lebih serius. Tolong tanyakan hasil patologinya, ada beberapa alternatif yang akan disesuaikan dengan hasil kuretnya, hati-hati kalau ada perkembangan ke arah keganasan. Mudah-mudahan aman ya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.