Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sehat dan Menyenangkan

Kompas.com - 16/09/2012, 04:21 WIB

Bersepeda itu menyenangkan karena orang bergerak untuk menjelajahi ruang. Ada pula unsur sosialnya karena bisa membuat grup atau klub. Ini yang membuat olahraga sepeda tidak ”murni” olahraga, tetapi juga sebagai ajang rekreasi. Akan tetapi, bersepeda tetap sehat.

Menurut dokter olahraga Grace Tumbelaka, bersepeda, seperti halnya bentuk olahraga lain, intinya sama, yaitu harus dilakukan dengan baik, benar, teratur, dan terukur. Bersepeda merupakan salah satu pilihan yang bagus untuk meningkatkan daya tahan jantung dan paru.

Kelebihan bersepeda adalah bisa melatih keseimbangan dan memperkuat otot tungkai. Selain itu, pelaku bisa memperoleh daya tahan otot tubuh dan lengan atas yang diperlukan untuk menahan posisi duduk selama kaki mengayuh. Olahraga sepeda juga jadi pilihan bagi orang-orang yang mengalami cedera tungkai, misalnya cedera lutut. Biasanya juga menjadi pilihan bagi mereka yang obesitas.

Namun, menurut Tumbelaka, ada juga kekurangan bersepeda. Salah satunya, bersepeda termasuk olahraga partial weight-bearing yang hanya menanggung sebagian beban tubuh karena duduk. Efek menguatkan tulang kaki untuk pencegahan osteoporosis kurang dibandingkan dengan jalan. Untuk hasil yang optimal, perlu dilakukan segala bentuk olahraga yang membuat seluruh bagian tubuh bergerak. Bersepeda hanyalah salah satunya.

Tumbelaka menyayangkan, ketika antusiasme warga untuk bersepeda meningkat, Jakarta justru kurang ramah bagi penggemar sepeda. Ruang yang memungkinkan olahraga hanya di perumahan pinggiran Jakarta. Atau di taman-taman kota yang aman, karena di sana banyak tumbuhan yang bisa mengurangi polusi. Tapi, siapa peduli? (IYA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com