Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/09/2012, 18:45 WIB

KOMPAS.com - Bahaya asap rokok bukan saja akan merusak kesehatan para perokok aktif  Namun mereka yang hidup atau menghabiskan banyak waktu bersama seorang perokok juga rentan mengalami penurunan kualitas daya ingat.

"Berdasarkan laporan badan kesehatan dunia (WHO), paparan asap rokok memiliki konsekuensi serius bagi mereka yang bahkan tidak merokok, tapi terpapar asap rokok orang lain. Temuan kami menunjukkan, paparan asap rokok dapat mempengaruhi fungsi kognitif seseorang," kata Dr.Tom Heffernan, seorang peneliti dari Collaboration for Drug and Alcohol Research Group di Universitas Northumbria Inggris

Dalam riset yang dipublikasikan dalam Journal Addiction, Heffernan beserta timnya membandingkan kelompok perokok dengan dua kelompok lain non perokok. Di kalangan non perokok, satu kelompok terpapar asap rokok, baik di rumah maupun ruang merokok, selama rata-rata 25 jam seminggu dalam kurun waktu rata-rata 4,5 tahun. Kelompok non perokok lainnya tidak terpapar asap rokok secara rutin.

Responden dari tiga kelompok ini kemudian menjalani tes uji ingatan. Tes ini mengharuskan para responden melakukan tugas selama jangka waktu tertentu. Responden juga diminta mengingat kegiatan yang difokuskan untuk rencana masa depan.

Kelompok non perokok yang terpapar asap rokok rupanya mengalami kesulitan mengingat pada hampir 20 persen tes memori dibandingkan kelompok non perokok lainnya. Tapi, kelompok perokok adalah yang paling buruk dalam tes ini. Mereka mengalami kesulitan mengingat sampai 30 persen.

"Kami berharap akan ada penelitian lanjutan untuk melihat hubungan antara paparan asap rokok, masalah kesehatan dan fungsi kognitif sehari-hari," ujar Heffernan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com