Kompas.com - 19/09/2012, 10:47 WIB
EditorAsep Candra

TANYA  :

Dok, akhir-akhir ini (sudah berlangsung kurang lebih satu tahun terakhir), saya sering salah dalam mengambil sesuatu atau barang. Misalnya, ketika saya mau minum, yang saya ambil malah piring. Ketika saya mau menghidupkan sepeda motor, yang saya ambil malah flashdisk. Dan ada hal-hal yang lainnya yang membuat saya bingung. Yang ingin saya tanyakan, apakah saya ini mengidap penyakit tertentu atau hal yang lain? Terima kasih.

(Ahmad Hasan, 26, Sidoarjo)

JAWAB :

Mas Ahmad yang baik,

Kalau melihat dari usia yang masih muda, jarang kita dapatkan adanya penurunan fungsi daya pikir (kognitif) akibat penyakit pikun atau demensia. Biasanya, kondisi demensia mengenai pasien yang sudah mengalami degeneratif otak yang biasanya terjadi pada usia tua di atas 65 tahun walaupun ada yang bisa terjadi dini akibat depresi (pseudo-demensia).

Pada keadaaan yang dialami oleh mas Ahmad, sepertinya perlu diperiksa lebih lanjut apakah kondisi ini terkait suatu kondisi gangguan kejiwaan seperti depresi atau gangguan kecemasan.

Gangguan ini sering menyebabkan gangguan pada fungsi daya pikir juga sehingga kadang membuat pasiennya seperti mengalami kepikunan. Perlu diperhatikan adalah keseluruhan aktivitas sehari-hari, apakah terganggu juga secara keseluruhan ?

Semoga bisa menjawab pertanyaan Anda. Ada baiknya memeriksakan diri ke psikiater untuk memastikan apa yang Anda alami.

Salam Sehat Jiwa

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.