Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/09/2012, 10:47 WIB

TANYA  :

Dok, akhir-akhir ini (sudah berlangsung kurang lebih satu tahun terakhir), saya sering salah dalam mengambil sesuatu atau barang. Misalnya, ketika saya mau minum, yang saya ambil malah piring. Ketika saya mau menghidupkan sepeda motor, yang saya ambil malah flashdisk. Dan ada hal-hal yang lainnya yang membuat saya bingung. Yang ingin saya tanyakan, apakah saya ini mengidap penyakit tertentu atau hal yang lain? Terima kasih.

(Ahmad Hasan, 26, Sidoarjo)

JAWAB :

Mas Ahmad yang baik,

Kalau melihat dari usia yang masih muda, jarang kita dapatkan adanya penurunan fungsi daya pikir (kognitif) akibat penyakit pikun atau demensia. Biasanya, kondisi demensia mengenai pasien yang sudah mengalami degeneratif otak yang biasanya terjadi pada usia tua di atas 65 tahun walaupun ada yang bisa terjadi dini akibat depresi (pseudo-demensia).

Pada keadaaan yang dialami oleh mas Ahmad, sepertinya perlu diperiksa lebih lanjut apakah kondisi ini terkait suatu kondisi gangguan kejiwaan seperti depresi atau gangguan kecemasan.

Gangguan ini sering menyebabkan gangguan pada fungsi daya pikir juga sehingga kadang membuat pasiennya seperti mengalami kepikunan. Perlu diperhatikan adalah keseluruhan aktivitas sehari-hari, apakah terganggu juga secara keseluruhan ?

Semoga bisa menjawab pertanyaan Anda. Ada baiknya memeriksakan diri ke psikiater untuk memastikan apa yang Anda alami.

Salam Sehat Jiwa

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com